Serda Panius Kogoya Jadi “Guru” Bantu Mengajar Anak-Anak di Mimika Gunung

Bagikan Bagikan
Serda Panius Kogoya saat memberikan materi pelajaran kepada anak-anak di Kampung Mimika Gunung, Distrik Kuala Kencana (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) -  Peduli dengan generasi Papua sebagai penerus bangsa, Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana bantu mengajar siswa di Mimika.

Selama belajar dari rumah, baik secara daring maupun kunjungan guru, banyak siswa yang tidak mendapatkan pendidikan secara maksimal, terlebih siswa di daerah pinggiran. Melihat hal itu, tergerak hati Serda Panius Kogoya yang merupakan Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana untuk membantu anak-anak mendapatkan pendidikan yang baik.

Menjadi "guru" untuk mengajar anak-anak di Mimika Gunung sudah berlangsung sejak adanya pembatasan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dengan adanya pembatasan itu, pegawai negeri maupun swasta diminta untuk bekerja dari rumah, termasuk bagi para pelajar dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi.

Melalui program TNI peduli pendidikan, Serda Panius Kogoya turut serta membantu proses belajar para siswa-siswi Sekolah Dasar di wilayah Binaan Kampung Mimika Gunung Distrik Kuala Kencana.

Serda Kogoya menerangkan bahwa hingga saat ini pembelajaran tatap muka masih dengan sistem bergantian, di mana para pelajar mendapatkan tugas sekolah masih melalui sistem daring. Di antara banyak siswa dan orang tua yang tidak punya HP Android ataupun kurang bisa memahami cara mengoperasikan HP, di samping itu ada titik daerah tertentu yang signal internetnya lemah.

"Saya melakukan kunjungan dari rumah ke rumah untuk memberi materi pelajaran dan disambut bahagia oleh para pelajar yang sedang tidak ada jadwalnya masuk sekolah. Mereka senang lantaran bisa kembali mengikuti proses belajar meskipun tidak seperti saat mengikuti proses belajar di sekolah," ungkapnya.

Putra asli Papua ini mengaku melakukan hal itu dengan penuh kasih dalam memberikan pembelajaran kepada anak-anak di Mimika Gunung.

Ronaldus salah satu Wali Murid merasa senang dan bangga dengan kehadiran Babinsa karena dalam kunjungan ke rumah para pelajar, bapak Babinsa tidak hanya memantau proses belajar mengajar, tetapi juga memberikan edukasi kepada pelajar dan orang tua tentang tata cara mencegah penularan wabah virus Corona. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus