Suksesnya Pelaksanaan PON Membawa Nama Baik Pimpinan dan Daerah Mimika

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Provinsi Papua,  Alexander Kapisa, ketika menyampaikan materi pada rapat koordinasi dengan Sub PB PON Mimika (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Mantapkan persiapan jelang pelaksanaan pekan olahraga nasional (PON) ke-XX tahun 2021, Sub PB PON Kabupaten Mimika gelar rapat Koordinasi dengan kepala dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua, Rabu (9/12/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Horison jalan Hasanuddin Timika itu dihadiri langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Provinsi Papua, Alexander Kapisa, Ketua Harian Sub PB PON Mimika, Marthen Paiding, Sekretaris KONI Mimika, Caesar Avianto Tunya, serta para Pimpinan OPD di Mimika.

Dalam kesempatan itu Alex menekankan, menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan PON bukan soal persiapan venue semata dan disiplin administrasi, tapi juga harus ada pemanfaatan untuk pertumbuhan ekonomi. Kabupaten Mimika menjadi salah satu Kabupaten yang menyelenggarakan beberapa Cabor harus melihat peluang ini.

Dia menyampaikan, menjadi penyelenggara PON, ada 3 sukses yang harus diperhatikan. Sukses Prestasi, Sukses ekonomi dan Sukses Administrasi.

Meraih sukses prestasi, memang menjadi tugas pemerintah Kabupaten Mimika dan Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten dengan terus melakukan pembinaan terhadap para atlet dan juga generasi muda, tapi juga keterlibatan elemen-elemen di Mimika.

"Sebagai tuan rumah, ini merupakan peluang bagi kita untuk menggali lebih banyak  atlet-atlet. Selain sukses prestasi, peluang ini harus kita manfaatkan untuk menumbuhkan pertumbuhan ekonomi rakyat, jangan sampai kita keluarkan dana dari APBD  yang begitu banyak tapi tidak ada feedback (timbal balik) kepada kita," ujar Alex.

Menurut dia, butuh koordinasi dan komitmen dari pemerintah daerah dan juga dari OPD-OPD terkait. Dirinya mempertanyakan persiapan Pemkab Mimika sendiri dalam membina UKM-UKM di Mimika dalam menumbuhkan ekonomi pada pelaksanaan PON XX tahun 2021 mendatang.

"Kita harus punya desain penyelenggaraan yang baik, jangan sampai setelah pelaksanaan banyak yang harus berhubungan dengan hukum. Selain bangunan yang membutuhkan perencanaan, keuangan yang dikeluarkan juga butuh perencanaan. Administrasi itu penting, dan kita harus tertib administrasi. Ketika semua itu terlaksana baik maka akan membawa nama baik Kabupaten dan nama pimpinan daerah, tapi ketika kita tidak melakukan dengan baik dengan sendirinya kita jerumuskan pimpinan kita dan nama baik pimpinan serta Kabupaten ini tidak baik," terangnya pada saat memberikan sambutan.

Ia meminta agar Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) segera menyusun masterplan pelaksanaan PON XX tahun 2021 di Mimika, karena itu akan menjadi sebuah dokumen agar seusai pelaksanaan dan ada audit dari BPK, masterplan merupakan dokumen yang menjadi pegangan. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar