Wabup Mimika: Pembatasan Aktivitas Masyarakat Hingga Jam 9 Malam Masih Berlaku

Bagikan Bagikan

Wakil Bupati Mimika, Johannnes Rettob,S.Sos,MM (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM mengatakan Kabupaten Mimika masih dalam status siaga darurat dan adaptasi kebiasaan baru serta belum masuk pada status kebiasaan baru (new normal) hingga saat ini, sampai pada terbitnya kebijakan pemerintah daerah melalui SK dan SE Bupati untuk mengubah status tersebut.

Menurut Wabup John, walaupun kesepakatan bersama Pemkab Mimika dengan Forkopimda yang tertuang dalam surat kesepakatan bersama nomor 443.1/1275 tentang pencegahan, pengendalian dan penanganan covid-19 di Kabupaten Mimika melalui pembatasan aktivitas masyarakat dari jam 9 malam hingga jam 6 pagi, yang ditandatangani pada 7 Oktober 2020 dan berakhir pada 19 Oktober 2020 yang lalu, namun hingga saat ini statusnya masih tetap berlaku karena belum ada perubahan kebijakan yang baru terkait kesepakatan tersebut.

Di tambah lagi, peraturan Bupati terkait penanganan tentang protokol covid-19 di Kabupaten Mimika juga belum dicabut.

“Karena sampai saat ini Kabupaten Mimika masih dalam status siaga darurat. Yang paling utama diperhatikan adalah statusnya. Jika status tersebut belum dicabut melalui kebijakan Bupati, berarti aktivitas masyarakat masih tetap dibatasi dari jam 06.00 WIT hingga jam 21.00 WIT, serta tetap mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, menjauhi kerumunan, dan mencuci tangan,” ungkap Wabup John.

Dia prihatin keadaan masyarakat Mimika saat ini yang sudah tidak lagi menjalankan atau mematuhi peraturan tersebut. Sehingga berdampak pada bertambahnya kasus covid-19 setiap hari di Kabupaten Mimika.

Terhitung pada hari Jumat (4/12/2020), secara kumulatif kasus positif covid-19 di Kabupaten Mimika mencapai 3.232 kasus.

Ketika ditanya terkait kenapa tidak ada lagi pengawasan oleh petugas dan tracing covid-19 yang dilakukan? Wabup menjawab karena keterbatasan anggaran untuk hal tersebut. Di samping itu, dia juga mengaku tidak mengetahui sampai sejauhmana kinerja Satgas covid-19 di Mimika saat ini karena dirinya sudah tidak lagi masuk dalam tim Satgas tersebut.

Untuk itu dia mengimbau bahwa covid-19 masih ada. Sehingga masyarakat diminta untuk menjaga dirinya sendiri.

“Saya mengimbau agar masyarakat untuk menjaga kesehatan dan taat pada protokol kesehatan. Jika ada anggota masyarakat yang merasa sakit, pergilah ke dokter untuk diperiksa, termasuk memiliki kesadaran untuk melakukan rapid tes atau Swab,” tutupnya. (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus