Banyak Operasi Galian C, Ketua DPRD Minta Ada UPT Provinsi Papua di Mimika

Bagikan Bagikan
Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Mengingat sejak lama banyak pengoperasian galian C selain di wilayah kali Iwaka, maka Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng meminta agar Pemprov Papua memiliki UPT di Mimika.

Hal ini lantaran saat ini nomenklatur untuk urusan perizinan telah dialihkan ke Provinsi, sehingga perlu adanya pengawasan langsung di wilayah operasional seperti yang ada di Timika yaitu di kali Iwaka serta beberapa titik lainnya seperti kali Wanagon SP2 dan yang lainnya.

“Memang secara aturan untuk urusan izin pertambangan itu telah dialihkan ke Provinsi, tapi perlu ada UPT di Timika untuk mengawasi langsung.  Banyak persoalan di Mimika lantaran dari sisi administrasi pemerintahan tidak jalan baik,” ungkap Robby di kantor DPRD Mimika, Senin (25/1/2021).

Selain itu, karena urusan perizinan telah dialihkan ke Provinsi maka retribusinya pun dimasukan ke kas Provinsi, sehingga tidak ada kontribusi ke Pemkab Mimika.

“Itu boleh saja kalau dilihat secara administrasi, tapi kan ada juga hal-hal non teknis harus berhadapan langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

Khusus menanggapi soal tuntutan warga hak Ulayat di kali Iwaka, menurut dia, perlu penataan secara administrasi yang benar termasuk keterlibatan lembaga yaitu Lemasa dan Lemasko guna penataan wilayah adat.

Sedangkan untuk pengusaha-pengusaha yang masuk untuk mengeruk material itu harus melalui prosedur yang baik agar tidak merugikan masyarakat setempat dengan cara memberdayakan masyarakat yang ada.

“Jangan sampai masyarakat merasa sebagai pemilik hak Ulayat, tapi tidak dilibatkan dalam pekerjaan ataupun menikmati hasilnya,” tuturnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar