Bupati Mimika: Warga Tiga Kampung Dipulangkan Pada 16 Januari 2021

Bagikan Bagikan
Pertemuan membahas kepulangan warga tiga kampung (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE.,MH mengatakan bahwa warga tiga kampung yaitu Banti I, Banti II dan Opitawak akan dipulangkan pada hari Sabtu, (16/1/2021).

Hal ini berdasarkan keputusan bersama tim gabungan Pemkab Mimika, DPRD, TNI dan Polri dalam rapat yang digelar di Hotel Grand Mozza.

“Kita telah bersama-sama mengambil keputusan bahwa masyarakat itu segera kita pulangkan. Mulai hari ini kita proses,” ungkap Bupati Omaleng, Kamis (14/1/2021).

Proses ini dipercayakan kepada tim yang dipimpin oleh Asisten I, Kepala Distrik Tembagapura dan kepala-kepala kampung yang ada untuk mengambil data yang harus diprioritaskan, mulai dari orang-orang tua hingga ke anak muda.

Bupati Omaleng menjelaskan, mulai tanggal 16 Januari 2021 masyarakat dipulangkan secara bertahap, karena di dalam bis juga harus dibatasi. Setelah, seluruh warga kembali ke kampungnya masing-masing maka selanjutnya tim akan membahas lagi guna mengetahui bantuan apa saja yang harus disiapkan pemerintah dan hal-hal apa yang disiapkan oleh PTFI. Ini berarti Pemerintah dan PTFI membagi tugas, baik urusan sosial maupun infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan hal lainnya.

“Karena selama ini mereka selalu mendesak. Jadi hari ini kita putuskan bahwa mereka harus pulang,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa selama ini upaya pemulangan warga terkesan lambat lantaran harus memastikan berbagai hal untuk kelayakan masyarakat itu sendiri. Namun, lantaran selaku didesak maka mulai hari ini tim akan memproses dan hari Sabtu akan mulai dipulangkan.

Kepulangan warga ini pun tidak dilakukan begitu saja, akan tetapi setiap tokoh masyarakat yang selama ini memfasilitasi masyarakat guna menuntut kepulangan harus menandatangani surat pernyataan. Surat pernyataan ini adalah jika terjadi sesuatu di kemudian hari maka tidak akan menyalahkan Pemkab Mimika atau pun PTFI.

“Surat pernyataan itu akan ditandatangani bersama tim yang ada. Surat kesepakatan untuk kepulangan itu sudah dilaksnakan bulan Desember lalu di aula DPRD,” ungkapnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

3 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus
  2. Hobi bermain slot online, Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback 100% Dengan syarat TANPA TO,
    dan anda bisa mencoba meraih kemenangan anda di kesempatan kedua,
    cek promosi bisa disini: https://biolinky.co/linkpromo

    BalasHapus
  3. Contact mail : jaquelinepalmot@gmail.com

    Réalisé mon rêve
    Merci a Jaqueline Palmot ,vous m'avez permis d'ouvrir mon restaurant et réaliser mon rêve . Dieu vous Bénisse
    Gillian Merron/ Décembre2020/ Tahiti

    BalasHapus