Kloter Pertama, Hari Ini 137 Warga Tiga Kampung Dipulangkan

Bagikan Bagikan

Situasi ketika warga 3 kampung dipulangkan (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Hari ini, Rabu (20/1/2021), sebanyak 137 warga Banti I, Banti II dan Opitawak dipulangkan setelah dinyatakan lolos screening kesehatan.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM menjelaskan bahwa di tanggal 19 Januari ada 148 orang yang diperiksa, tetapi hanya 146 yang dinyatakan sehat, sehingga dua orangnya belum bisa dipulangkan. Namun, hari ini saat dipulangkan, dari 146 orang ada beberapa yang ditahan dan tidak diperbolehkan ikut pulang lantaran membuat gerakan yang tidak semestinya dilakukan, sehingga total yang dipulangkan pada kloter pertama ini hanya 137 orang. Keberangkatan menggunakan lima bis penumpang dan satu bis logistik.

“Yang ikut naik ada tim dari Pemkab (Mimika) yaitu Kepala Kesbangpol, Staf Khusus Bupati dan Kepala Distrik Tembagapura serta pastinya dikawal oleh aparat kita yaitu TNI-Polri. Yang naik itu benar-benar warga yang sehat berdasarkan hasil pemeriksaan. Beberapa orang itu tidak naik, karena bikin gerakan yang akhirnya ditahan dan tidak boleh pulang. Intinya yang sudah pulang hari ini sebanyak 137 orang warga,” jelasnya di halaman Gereja Rehobot di Mile 32, Rabu (20/1/2021).

Keberangkatan atau kepulangan warga tiga kampung ini disesuaikan dengan hasil pemeriksaan kesehatannya dan hanya hari Senin hingga Kamis. Namun untuk hari Jumat hingga Minggu tidak ada pelayanan sesuai dengan kepentingan operasional PTFI.

“Besok masih ada satu kloter lagi dan hari Senin baru bisa berangkat lagi,” ujarnya.

Menurut Wabup Rettob, pemeriksaan kesehatan ini merupakan keinginan dari Pemkab Mimika agar seluruh warga tiga kampung harus benar-benar pulang dalam keadaan sehat. Yang diperiksa adalah influenza like Illness (ILI), berarti ketika hasil pemeriksaan dinyatakan tidak ada ILI, berarti gejala-gejala yang mengarah ke covid-19 juga tidak ada.

“Kita periksa secara menyeluruh. Jadi kalau dinyatakan tidak sehat maka tidka boleh naik. Yang ibu hamil dan anak-anak sekolah juga tidak boleh naik,” tuturnya.

Dia juga mengaku bersyukur dan berterimakasih lantaran selama ini kerjasama dengan TNI-Polri berjalan baik, sehingga mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pemberangkatan warga tiga kampung bisa berjalan lancar.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh tokoh masyarakat tiga kampung, Yanes Natkime. Ia mengatakan sangat bersyukur atas upaya yang telah dilakukan Pemkab, TNI-Polri dan PTFI.

Menurut dia, kepulangan warga ini merupakan sesuatu yang mendesak lantaran warga selalu menuntut hingga membuat aksi dan mengancam akan pulang dengan jalan kaki.

“Saya pikir ini upaya yang luar biasa dari Pemkab, TNI-Polri dan PTFI. Kami benar-benar bersyukur dan berterima kasih. Tuhan yang akan membalas kebaikan ini semua,” ujar Yanes.

Meski demikian, Yanes tetap berharap agar ke depannya perhatian pemerintah tetap dilakukan untuk kesejahteraan warga tiga kampung, baik melalui program jangka panjang dan menengah di semua bidang termasuk infrastruktur.

Di samping itu, sebagai bentuk rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap kondisi yang dialami warganya, Kodim 1710/Mimika bersama Polres Mimika turut membantu Pemkab Mimika dalam proses pemulangan 137 warga tiga kampung tersebut. Adapun transportasi yang  difasilitasi oleh PT. Freeport Indonesian dengan titik kumpul di Polres Mimika Jl. Agimuga Mile. 32 Distrik Kuala Kencana Mimika.

Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya mengatakan bahwa dalam proses pemberangkatan warga tiga kampung ini, TNI-Polri sudah berkoordinasi dengan Pemkab dan PTFI, termasuk masalah pengawalan sampai dengan tempat tujuan, karena hal ini merupakan salah satu tugas kemanusiaan, apalagi Kodim 1710/Mimika sebagai Satuan teritorial.

"Sudah menjadi tugas kami TNI-Polri untuk bersinergi bersama Pemkab dalam membantu setiap permasalahan yang dihadapi oleh warganya, apalagi kami dari Kodim 1710/Mimika sebagai satuan kewilayahan, dalam sorti 1 kami menggunakan 4 bus PTFI dengan jumlah warga dewasa 114 orang dan anak-anak 23 orang,” ungkap Letkol Yoga. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus
  2. Hallo Gamer Indonesia Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga 10%, EDISI TERBATAS
    Buruan Daftar sekarang juga di Bola165, Cek promo bisa disini >> > biolinky.co/promobola165

    BalasHapus