Masyarakat Adat Tujuh Marga Minta Pemkab Mimika Cabut Izin Galian C di Kali Iwaka

Bagikan Bagikan
Aksi masyarakat tujuh marga di DPRD Mimika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Lantaran tidak diberi kesempatan ikut mengelola galian C dan dinilai tidak memberikan dampak keuntungan, masyarakat tujuh marga selaku pemilik hak ulayat atas lahan galian C di Kali Iwaka lakukan aksi damai ke DPRD Mimika.

Aksi damai masyarakat adat tujuh marga atas kali Iwaka menuntut berdasarkan rekomendasi Lemasa Nomor : 032/REK/PJS/Lemasa/V/2016 dengan tuntutan agar Pemda Mimika bertanggung jawab atas galian C di Kali Iwaka dengan segera mencabut surat Izin usaha dan bekukan surat izin yang aktif. Selanjutnya, harus buatkan Perda patok batas wilayah dan mengakui serta mengembalikan tanah dan isinya kepada masyarakat hak ulayat pemilik kali Iwaka (Otawarogoung).

Aksi masyarakat tujuh marga yang diperkirakan berjumlah ratusan orang ini dikawal pihak Polres Mimika dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng dan beberapa anggota dewan lainnya.

Melalui koordinator aksi, Melky Dimpau mengatakan bahwa wilayah kali Iwaka merupakan hak ulayat tujuh marga besar Amungme, masing-masing adalah marga Janampa, Jangkup, Omaleng, Bukaleng, Abugau, Beanal dan Dimpau. Dengan demikian, selain meminta segera mencabut surat izin usaha galian C dan bekukan surat izin galian C, Pemda juga diminta duduk bersama pengusaha dan kontraktor usaha galian C untuk mengembalikan hak kepada masyarakat pemilik ulayat. Pemda, DPRD, Lemasa dan Lemasko diminta segera membuat patok batas wilayah adat, khususnya di sekitar wilayah kali Iwaka. Pemda, kontraktor atau pengusaha yang ingin masuk ke wilayah kali Iwaka, harus meminta izin atau rekomendasi satu pintu kepada pemilik hak ulayat kali Iwaka.

Selanjutnya, Pemda diminta segera membuat peraturan daerah (Perda) atas kali Iwaka. Apabila tuntutan yang disampaikan tidak ditindaklanjuti, masyarakat mengancam akan terjadi konflik horizontal.

“Jujur saja kami sampaikan, kalau hal-hal ini tidak ditindak lanjuti maka kami akan konflik,” ujar Melky, Senin (25/1/2021).

Menanggapi aspirasi yang disampaikan, Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng mengatakan bahwa sangat berterimakasih atas aksi damai yang dilakukan warga tujuh marga. Selanjutnya DPRD akan gelar RDP bersama seluruh pihak terkait. Namun, diharapkan masyarakat tidak bertindak yang bisa menyebabkan konflik horizontal.

"Pada prinsipnya kami siap menindaklanjuti apa yang disampaikan koordinator. Ini menjadi atensi anggota dewan. Besok akan rapat dengar pendapat (RDP) bersama pihak-pihak terkait," kata Robby.

Di samping itu, Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyampaikan terimakasihnya lantaran masyarakat yang mengikuti aksi telah memakai masker. Namun  masyarakat tidak diperbolehkan berlama-lama melakukan aksi lantaran harus mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19.

Saat diwawancara, koordinator aksi Melky Dimpau mengaku sejak banyak orang dari luar Mimika yang masuk dan mengklaim atas lahan tersebut dan mereka pun diberikan rekomendasi, sehingga tidak memberi kesempatan bagi masyarakat tujuh marga. Sejak galian C beroperasi, tidak memberi keuntungan bagi masyarakat tujuh marga, tetapi hanya dampak kerugian yang diterima.

Menurut dia, bisa dilihat bahwa di wilayah tersebut materialnya telah habis dan hanya kerusakan alam yang nampak.

“Saat ini kami tidak bisa cari makan atau mendapatkan keuntungan dari lahan kami tersebut. Kami hanya duduk dan menonton orang lain yang memang diberikan izin dan badan hukum. Kehidupan kami tidak bisa berkembang kalau begitu. Kami mohon DPRD dan Pemkab harus cari solusinya,” kata Melky. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus