Mulai Jalani Screening Kesehatan Sebelum Dipulangkan, Warga Tiga Kampung Sampaikan Terima Kasih

Bagikan Bagikan

Situasi saat warga tiga kampung discreening kesehatan (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Ribuan warga Banti I, Banti II dan Opitawak hari ini mulai melakukan screening kesehatan sebelum dipulangkan ke kampungnya masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Rizal Ubra menjelaskan bahwa screening jauh lebih penting daripada hanya untuk mendeteksi covid-19, karena ini adalah untuk mendeteksi kasus berdasarkan tanda dan gejala. Di setiap tenda pemeriksaan ini ada screening influenza like Illness (ILI) dan yang terpenting untuk masyarakat tiga kampung ini adalah jangan sampai kena malaria, putus obat TB dan jangan sampai ada kasus jantung sebelum kembali ke wilayahnya yang tergolong sebagai wilayah dengan pelayanan kesehatan terbatas.

“Masyarakat  ini hanya screening saja, karena mereka bukan pelaku perjalanan. Jika hasil screening ini menunjukan tanda dan gejala maka akan ditangani ke Puskesmas atau RS. Itu sudah dijelaskan ke masyarakat,” katanya saat pelaksanaan screening di halaman Gereja Rehobot di mile 32, Selasa (19/1/2021).

Kalau untuk masyarakat pelaku perjalanan antar Kabupaten atau Provinsi maka wajar dilakukan rapid tes antigen. Kondisi saat ini adalah kondisi luar biasa, sehingga secara komprehensif layanan kesehatannya harus bisa diperiksa.

“Mereka ini tidak ada bedanya dengan masyarakat yang ke Mapurujaya, ke kota Timika dan kembali lagi ke Mapurjaya,” katanya.

Menurut Reynold, mengingat data warga yang telah masuk dan akan di screening adalah sebanyak 1.500 orang, maka pelaksanaannya bisa tiga hingga empat hari. Namun, hal itu bukan menjadi masalah selama ada kemauan dari warga sendiri, apalagi mereka merupakan warga Mimika.

“Surat keterangan kesehatan mereka berlaku hanya untuk satu kali jalan. Kalau nanti ada di antara mereka yang mau kembali ke Timika, tentunya harus mengikuti prosedur yang berlaku di PTFI,” ujarnya.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM mengatakan bahwa setelah melalui banyak proses atas desakan warga tiga kampung, sehingga hari ini mulai melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini guna mengetahui kondisi masing-masing warga agar jika ditemui da yang sakit maka akan ditahan dan harus dirawat hingga benar-benar sembuh dan kemudian dipulangkan. Tahap pemulangan warga tiga kampung ini kemungkinan bisa dilakukan mulai besok, dalam hal ini tergantung dengan jumlah bis yang disediakan PTFI.

“Pelaksanaan pemeriksaan ini diatur oleh pemerintah. PTFI akan jemput mereka sampai di Polsek Tembagapura. Mereka tidak boleh singgah di Tembagapura, tapi langsung ke kampungnya. Yang berangkat dan yang tidak boleh berangkat akan diketahui sesuai hasil pemeriksaan,” kata Wabup Rettob.

Hal yang sama juga disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan, Yulius Sasarari, bahwa screening atau pemeriksaan kesehatan warga tiga kampung ini sesuai arahan dari Bupati dan petunjuk dari tim medis. Screening dilakukan tergantung pada jumlah masyarakat yang mau, sehingga selanjutnya dikoordinasikan dengan pihak manajemen PTFI bahwa jumlah masyarakat yang sudah diperiksa sekian banyak agar PTFI bisa siapkan bis untuk mengangkut kepulangannya.

“Ini kondisi terdesak dan masyarakat ini termasuk warga pinggiran kota Timika saja, jadi hanya melalui screening saja. Mereka bukan orang yang datang dari luar Timika. Kampung mereka juga jauh dari peradaban lain,” kata Yulius.

Di samping itu, ucapan terimakasih warga tiga kampung disampaikan melalui tokoh perempuan Martina Natkime. Martina mengatakan bahwa perjuangannya berbuahkan hasil.

“Kemarin saat Wakil Bupati dan timnya datang ke posko menyampaikan keputusan yang bagus. Kami semua senang. Hari ini kesehatan kami semua diperiksa dan kami akan dipulangkan. Makanya saya mewakili seluruh warga menyampaikan terimakasih banyak untuk semuanya. Kami selalu berdoa supaya kebaikan ini dibalas Tuhan. Saya minta maaf karena sudah mendesak sampai-sampai lakukan aksi pemalangan jalan di Gorong-gorong. Kami lakukan aksi itu tanpa merusak apa-apa, karena tidak lakukan kekerasan apapun. Itu kami lakukan karena kami mau pulang ke kampung,” kata Martina. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus
  2. Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga10%, Bagi New Member Maupum Member setia Bola165 Sekarang Ada Tambahan Di setiap Withdraw Hingga 10%
    buruan daftar sekarang juga di Bola165, Cek promo lainnya biolinky.co/promobola165

    BalasHapus