Polisi Gagalkan Aksi Pemalangan di PT PAL Mimika

Bagikan Bagikan
Aksi masyarakat di PT. PAL (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Personel Polsek Kuala Kencana berhasil menggagalkan rencana aksi pemalangan yang dilakukan oleh puluhan masyarakat yang menuntut pembayaran lahan kebun plasma dan pembangunan perusahaan pengelolaan kelapa sawit di jalan Trans Nabire.

Kelompok yang merencanakan pemalangan ini merupakan warga suku Kamoro dari kampung Iwaka Mimika yang tergabung dalam koperasi BUH BAU YAMANE (BBY). Aksi tersebut sudah lama di rencanakan serta sempat melayangkan surat pemberitahuan yang ditujukan kepada Kapolres Mimika pada tanggal 26 Desember 2020 dengan Nomor : 005/KOP-BBY/IWAKA/XII/2020 tentang pemberitahuan pemalangan.

Sekretaris II Koperasi BBY, Ratna Kanareyau dalam orasinya menyampaikan bahwa selaku pemilik hak atas tanah besar di PT PAL telah enam bulan menanyakan kepada pihak PT PAL, tetapi tidak pernah memberikan jawaban yang baik sampai mediasi sudah dilaksanakan 6 kali.

“Di luar pengadilan saya mediasi dengan GM PT PAL, Amirudin dan pak Ilham yang dikuasakan dari Jakarta, tapi itu juga tidak ada titik temu, maka kami hanya ingin minta agar perusahaan segera menyelesaikan pembayaran kebun plasma,” ungkapnya, Senin (4/1/2021).

Disampaikan bahwa masyarakat akan berhenti membuat aksi dan mengurungkan niat melakukan pemalangan sambil menunggu keputusan pengadilan. Apabila tidak ada realisasi maka pihaknya akan mengerahkan masyarakat  kamoro untuk menduduki kantor dan barak di PT. PAL.

Menanggapi tuntutan tersebut, PM PT. PAL, Buyung mengatakan bahwa perlu menunggu keputusan dari pengadilan, sehingga jika kemudian terjadinya aksi pemalangan maka massa akan berurusan dengan aparat keamanan.

Suasana sempat tegang lantaran mendengar jawaban tersebut. Namun berhasil diredam aparat kepolisian Polsek Kuala Kencana.

Wakapolsek Kuala Kencana, Iptu Soeprayogi menyampaikan kepada puluhan warga yang melakukan aksi tersebut bahwa seharusnya tidak  melakukan aksi pemalangan mengingat hari ini PT. PAL mulai aktif bekerja setelah sekian lama dalam situasi pandemi covid-19.

“Kami TNI-Polri berupaya mencegah terjadinya aksi bentrokan, jalur persidangan yang sudah dilaksanakan sudah benar kita harus sabar menunggu keputusan, terkait pelaksanaan mulainya PT. PAL bekerja tidak ada kaitannya dengan sidang, jadi saya harap saudara sekalian untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri,” ungkap Iptu Soeprayogi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Danramil 1710-03/Kuala Kencana, Kapten Inf. Abdul Munir. Menurut dia, jalan terbaik adalah bersama-sama  menunggu keputusan sidang, karena masalah jawaban bukan kewenang TNI-Polri, karna semua itu menjadi tanggung jawab perusahaan.

Selain itu juga dilanjutkan dengan pertemuan internal bertempat di aula PT. PAL antara aparat kampung dan pihak PT. PAL.

Iptu Soeprayogi dalam pertemuan itu menyampaikan bahwa perlunya diantisipasi terkait adanya ancaman yang sempat dilontarakan oleh sekelompok massa tersebut untuk menduduki kantor PT. PAL. Dengan demikian, pihak PT. PAL agar proaktif mengecek perkembangan di lapangan, dimana mereka semua masyarakat asli, sehingga perlunya memberikan sentuhan agar situasi bisa terjaga.

Amirudin selaku GM PT. PAL juga berkomitmen akan menyampaikan kepada pimpinan, dan perusahaan agar segera mencari solusi atau alternatif lain agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kami perusahaan juga sangat membutuhkan mereka di mana selaku pemilik hak ulayat dan sebagian juga karyawan kami,” jelasnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  2. Pendudukan: Harta Tanah / perhotelan
    kedudukan: Pengarah Urusan
    Nama: Najwa Mohammed
    Bandar: Miri
    Pinjaman saya mendapat: Rm 1.5 juta
    kadar faedah: 1%
    E-mel saya: najwamohammed369@gmail.com
    Halo, saya mengucapkan terima kasih kepada allah almight untuk kebaikan dan keberkasaan yang saya dapatkan dari AASIMAHA ADILA LOAN FIRM tahun ini 2020, saya ingin kita medium ini membiarkan muslim saya di malaysia, Tahun lepas saya telah memohon pinjaman banyak kali dan saya bodoh , Tahun ini ketika saya sedang menonton berita perniagaan saya di Aljazeera, saya melihat nama AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM pada wawancara menerangkan pakej mereka dan bagaimana mereka memberi pinjaman dan dana amal kepada mereka yang ingin memulakan perniagaan tahun ini. Oleh itu, saya mendengar dan menghubungi mereka dengan kenalan mereka di televisyen, saya memohon Rm 1.5 juta, pada kadar 1% dan pinjaman saya telah diluluskan dan saya mendapat pinjaman secepat mungkin. Saya mendapat pinjaman saya dan melabur lebih jauh ke hartanah suami saya. suami saya dari indonesia, banjir yang terjejas rumah keluarga kami di jakarta, sejak kami mendapat pinjaman, kami telah memperbaiki banyak hal dan membayar hutang bank juga.Jika anda ingin perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, anda bebas memohon sekarang dan dapatkan pinjaman anda .Mengingatkan diri anda untuk menjadi kuat dan tidak pernah berputus asa. Semakin banyak anda jatuh, semakin kuat anda menjadi bangun. Jangan pernah menyerah tidak kira apa. Buat janji kepada impian anda seolah-olah anda berjanji kepada anak anda. Saya berharap anda lebih besar tahun. Mungkin allah memberkati mereka allah

    MOHON SEKARANG
    E-mail****aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus