Polisi Selidiki Dibakarnya BTS Oleh KKB Dua Lokasi di Puncak Papua

Bagikan Bagikan

Salah satu BTS yang dibakar KKB di Kabupaten Puncak. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA)
- Kapolres Puncak AKBP Decky Saragih mengakui saat ini anggotanya masih menyelidiki kasus dibakarnya dua base transceiver station (BTS) yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB). 

"Dari laporan yang diterima insiden pembakaran kedua BTS diketahui dari laporan yang disampaikan tim Palapa Ring Timur yang melakukan pengecekan menggunakan helikopter Sabtu (9/1) lalu," kata AKBP Saragih kepada Antara, Senin. 

Masyarakat melaporkan kedua BTS dibakar sejak Kamis (7/1) hingga mengakibatkan terganggu layanan 4G. 

Ketika ditanya KKB yang beroperasi di sekitar Kabupaten Puncak, Saragih mengaku cukup banyak di antaranya Legagak, Militer Murib, Rambu Besar dan Leni Mayu, namun dia belum dipastikan kelompok mana yang membakar BTS. 

"Anggota masih terus menyelidiki kasus tersebut karena kesulitan mendapat info karena masyarakat lebih memilih untuk tutup mulut, " kata AKBP Saragih. 

General Manager Network Operation & Quality Management Telkomsel Maluku & Papua Adi Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima Antara, Senin, menyatakan pelanggan Telkomsel di wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, tetap dapat menikmati layanan komunikasi 2G. 

Layanan tersebut menggunakan transmisi IDR atau satelit 

'Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya yang terjadi kepada pelanggan Telkomsel di wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, " kata. 

Diskominfo Papua tunggu perkembangan perbaikan BTS yang terbakar di Puncak 

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Papua masih menunggu perkembangan perbaikan Base Transceiver Station (BTS), terdiri dari satu Network Operation Center (NOC) dan dua repeater yakni B4 serta B5, yang terbakar di Ilaga, Kabupaten Puncak.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua Jeri Yudianto kepada Antara di Jayapura, Senin, mengatakan saat ini pemerintah melalui Yayasan Bhakti sedang melakukan pemeriksaan awal dari BTS tersebut. 

"Pemeriksaan awal ini dilakukan dengan menggunakan drone karena belum berani untuk turun lapangan langsung pada Jumat (8/1)," katanya. 

Menurut Jeri, detail perkembangan lanjutan akan disampaikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mengerjakan perbaikan BTS tersebut. Namun, insiden ini dipastikan mengganggu layanan internet. 

"Otomatis dengan terbakarnya NOC dan tower pembantu (repeater) di Kabupaten Puncak ini maka layanan internet akan terganggu," ujarnya. 

Anggota Komisi I DPR RI Sesalkan pembakaran BTS di Kabupaten Puncak 

Anggota Komisi I DPR RI asal Fraksi Gerindra Yan Permenas Mandenas (YPM) menyesalkan aksi pembakaran yang dilakukan orang tak dikenal (OTK) terhadap base transceiver station (BTS) di Kabupaten Puncak. 

 "Saya sangat menyesalkan pembakaran terhadap BTS yang dibangun Palapa Ring, karena masyarakat tidak lagi mendapat pelayanan telekomunikasi mengingat dengan adanya BTS tersebut dapat dilayani Jaringan 4G, " kata polisiti partai Gerindra asal Papua YPM kepada Antara, Senin melalui telepon selularnya. 

Dikatakan, seharusnya Bupati dan masyarakat di Kabupaten Puncak turut menjaga asset telekomunikasi yang dibangun pemerintah tersebut karena yang menikmati juga warga di wilayah itu. 

Yan Mandenas mengakui, untuk membangun saja sudah susah karena medannya dan keamanan namun pemerintah tetap membangun agar masyarakat dapat menikmatinya, seperti halnya didaerah lain di Indonesia. 

"Saya sudah sempat berkunjung ke Ilaga, ibu Kota Kabupaten Puncak bulan Oktober 2020 untuk melihat pembangunan BTS yang dibangun oleh  PT. Palapa Timur Telematika (PTT), dilanjutkan dengan penyambungan kabel optik oleh PT. Telkom Wilayah Papua dalam waktu satu bulan agar masyarakat bisa menikmati jaringan 4G dengan kuota internet yang cukup dari kurang lebih 10 MBPS menjadi kurang lebih 100 MBPS,"tambahnya. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus