Polisi Serius Selidiki Bandar Besar Peredaran Narkotika di Mimika

Bagikan Bagikan

AKP Mansyur (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Pasca terungkapnya tujuh kasus penyalahgunaan narkotika dengan 11 tersangka yang diamankan, pihak Sat Resnarkoba Polres Mimika  semakin serius dengan melakukan pengembangan hingga menemukan bandar besarnya.

Kasatresnarkoba Polres Mimika, AKP Mansyur mengatakan bahwa pengungkapan 7 kasus narkotika ini secara beruntun terjadi pada  bulan Januari 2021. 10 tersangka di antaranya  adalah terkait  kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu dan satu orang lainnya adalah narkotika jenis sinte.

“Saat inipun sementara dalam proses penyidikan. Kita terus lakukan pengembangan dari 11 tersangka yang sudah ada,” kata AKP Mansyur di ruang kerjanya, Rabu (28/1/2021).

Dari 11 tersangka yang sudah diamankan bukan merupakan pekerja di tempat khusus yang rentan peredaran narkotika. Ada juga di antaranya yang kembali menjadi tersangka dengan kasus yang sama di tahun-tahun sebelumnya dan berperan sebagai pengedar sekaligus pengguna.

“Pasal yang akan dikenakan itu adalah pasal 112 dan 127 UU Narkotika. Sampai saat ini pasokan narkotika dominan berasal dari daerah Jawa, ini berdasarkan pengakuan dari yang sudah ditangkap. Dan untuk telusur sedikit terputus lantaran di antara mereka juga tidak saling mengenal,” tuturnya.

Untuk jasa pasokan sabu-sabu saat ini terus didalami apakah melalui laut atau udara. Namun, untuk narkotika jenis sinte telah diketahui yaitu melalui jasa pengiriman barang.

Ditambahkan, dari 11 tersangka yang diamankan satu di antaranya masih tercatat sebagai pelajar dari salah satu SMA, tetapi usianya telah dewasa lantaran sudah di atas 17 tahun.

Untuk tersangka yang sebagai pelajar ini telah sementara dikomunikasikan bersama orang tua agar bisa ada rehabilitasi khusus sambil proses hukumnya tetap berjalan.

“Untuk rehabilitasi itu nantinya berhubungan dengan BNN, karena mereka ada TAT untuk putusan rehabilitasi,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar