Sakit Parkinson dan Terpapar Covid-19, Pendiri Freeport-McMoRan Jim Bob Moffett Meninggal Dunia

Bagikan Bagikan

Jim Bob Moffett (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Setelah menderita sakit Parkinson bertahun-tahun dan terpapar covid-19, James Robert Moffett alias Jim Bob, salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport-McMoRan Inc. meninggal dunia pada usia 82 tahun di rumahnya di Austin Texas Amerika Serikat, Jumat malam (8/1/2021) waktu setempat.

Hal ini diungkap WDSU News (wdsu.com), salah satu media online di New Orleans Louisiana, Amerika Serikat.

“Jim Bob Moffett, mantan presiden dan CEO perusahaan raksasa minyak dan gas Freeport-McMoRan meninggal dunia di rumahnya di Austin Texas, Jumat malam. Berita ini dikonfirmasi oleh anggota keluarganya kepada WDSU. Moffet telah berjuang lama melawan penyakit Parkinson. Dia berusia 82 tahun,” demikian kutipan berita yang dilansir dari wdsu.com.

Berbekal diri dengan gelar Master di bidang Geologi dari Tulane University, New Orleans, Jim Bob Moffett mendirikan perusahaan McMoRan Exploration (McMoRan Oil & Gas Co) bersama rekannya W K McWilliams Jr dan B M Rankin pada tahun 1969. Kemudian pada tahun 1981, perusahaan yang didirikannya tersebut bergabung dengan Freeport Minerals Co sehingga menjadi Freeport-McMoRan Inc.

Berselang satu tahun kemudian, tepatnya tahun 1982, atas kerja keras Jim Bob Moffett, Freeport-McMoRan Inc. membangun tambang emas dan tembaga Grasberg di Timika Papua, setelah adanya kesepakatan dengan pemerintah Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Soeharto melalui Kontrak Karya I selama 30 tahun.

Jim Bob Moffett diketahui memimpin Freeport-McMoRan Inc. sebagai Chairman merangkap CEO sejak tahun 1984 hingga 2003. Setelah itu menjadi Execuvite Chairman hingga tahun 2015.

Dialah yang menemui dan bernegoisiasi dengan Presiden Jokowi pada tahun 2015 silam dikarenakan Kontrak Karya II sebagai investasi Freeport-McMoRan Inc. di Indonesia melalui PT Freeport Indonesia yang akan berakhir pada tahun 2021 untuk memperpanjang kontrak hingga tahun 2041, dan akhirnya di kemudian hari disepakati sebagai Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), ketika Jim Bob Moffett hanya menjadi konsultan Freeport-McMoRan.

Dalam hidupnya, Jim Bob Moffett memiliki filosofi “Jika anda percaya pada apa yang anda lakukan dan jika anda tahu bahwa anda dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan orang lain, dan jika anda cukup percaya diri untuk mengambil jalan baru, itulah sesungguhnya yang dapat menciptakan aset yang besar dan berbeda”. (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus