SAM Air Terbitkan Safety Notice Penerbangan Daerah Rawan Di Papua

Bagikan Bagikan

Salah satu pesawat milik maskapai penerbangan SAM Air. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA)
- Manajemen maskapai PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air telah menerbitkan safety notice untuk rute penerbangan ke beberapa daerah yang dianggap rawan di Papua seperti Kabupaten Intan Jaya dan sekitarnya. 

Manajer Safety PT SAM Air Bambang Gunawan kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan hal ini dilakukan pihaknya setelah adanya kejadian pembakaran pesawat di Kabupaten Intan Jaya. 

"Jadi safety notice tersebut berisi larangan terbang ke beberapa wilayah yang dianggap merah atau rawan di Papua," katanya. 

Menurut Bambang, larangan terbang tersebut khususnya yang memiliki rute ke Kampung Bugalapa Distrik Biandoga, Distrik Homeyo dan beberapa tempat lainnya di Kabupaten Intan Jaya. 

"Untuk sementara, kami tidak akan melakukan penerbangan ke beberapa wilayah tersebut, pasalnya keamanannya tidak dapat dijamin karena tidak ada ATC (pemandu lalu lintas udara atau Air Traffic Controller), personel TNI dan Polri yang menjaga serta lainnya," ujarnya. 

Dia menjelaskan safety notice ini berlaku untuk sementara waktu saja, pihaknya belum dapat memastikan kapan dapat kembali terbang ke wilayah-wilayah tersebut. 

"Jika keamanan sudah dijamin oleh negara di wilayah tersebut, maka kami baru akan kembali masuk, namun untuk sementara manajemen menyarankan untuk tidak terbang dulu ke daerah itu," katanya lagi. 

Dia menambahkan namun untuk wilayah pedalaman lainnya yang dijaga oleh aparat keamanan baik TNI maupun Polri dan pihak bandara serta memiliki jaminan keamanan dari ATC tetap akan dilayani. 

"Kini baru tiga unit pesawat SAM Air yang melayani wilayah pedalaman Papua yakni berjenis twin otter dan cesna caravan di mana semua pilotnya merupakan warga berkebangsaan Indonesia yang berpengalaman terbang di wilayah pedalaman Bumi Cenderawasih," ujarnya lagi. 

Sebelumnya, terjadi aksi pembakaran pesawat PK MAK milik MAF yang diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar