Situasi Keamanan di Wilayah Tembagapura Kondusif

Bagikan Bagikan
Kapolsek Tembagapura, Ipda Eduard Edison (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kapolsek Tembagapura, Ipda Eduard Edison mengaku, situasi keamanan di wilayah Tembagapura saat ini kondusif.

Ditemui di kompleks posko pengungsian warga tiga kampung di Jalan Baru Timika, Ipda Eduard mengatakan bahwa meskipun gangguan, tetapi hal itu hanya merupakan kondisi alam dan selalu ditangani aparat TNI dan Polri.

“Masyarakat yang akan naik ini, sudah ada keputusan dari Pemerintah (Daerah). Teknis pemulangan masyarakat juga Pemerintah yang atur. Kalau untuk masalah keamanan di atas sekarang masih kondusif. Mudah-mudahan ke depannya tetap aman dan tidak ada halangan. Kalaupun ada, itu menjadi kondisi alam dan sudah biasa,” ungkapnya, Senin (18/1/2021).

Menurut dia, keinginan warga tiga kampung untuk pulang lantaran sudah jenuh tinggal di Timika tanpa adanya pekerjaan, apalagi mata pencahariannya tidak sama. Kepulangan warga pun bisa langsung menempati rumahnya masing-masing karena masih layak dihuni jika sudah dibersihkan.

Pos pengamanan di Tembagapura ada empat. Namun, untuk di Opitawak tidak diisi lantaran warganya sementara di Timika, akan tetapi akan tetap ada patroli atau pantauan ke Opitawak, karena Jarak posnya dekat.

“Untuk di Tsinga itu tidak ada anggota Polri. Anggota polisi di wilayah Distrik Tembagapura itu hanya di Polsek. Di Aroanop ada rekan-rekan TNI. Di Banti dan Opitawak ada Satgas Pemrawan yang saat ini diback up Brimob Kepri dengan 756 (personil). Intinya ada Tiga Pos yaitu di Banti I, Banti II dan Agabra,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa sejak adanya penembakan Helikopter pada tanggal 6 Januari lalu, hingga saat ini tidak ada bunyi penembakan lagi yang terjadi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa ratusan pendulang yang sempat dikabarkan berada di wilayah Tembagapura saat ini sudah tidak ada, karena telah pulang ke Timika sebelum bulan Desember tahun 2020.

“Para pendulang tersebut merupakan warga Timika, tapi semuanya sudah dipulangkan,” tutupnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar