Tindaklanjuti Instruksi Bupati Mimika, Polisi Gencar Lakukan Penertiban Setiap Hari

Bagikan Bagikan
Pembagian masker di siang hari dan penertiban di malam hari (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Menindaklanjuti instruksi Bupati Mimika nomor 1 tahun 2021, Polres Mimika gencar di siang dan malam hari melakukan patroli untuk penertiban pembatasan aktivitas masyarakat, pedagang, baik toko, kios, mall dan yang lainnya.

“Kemarin malam sudah ada beberapa lapak penjual nasi kuning di jalan Bogenville yang ditindak. Kami dari kepolisian sifatnya memback-up PolPP, karena sejak tanggal 11 hingga 14 Januari, ternyata belum ada kepatuhan,” ungkap Kasat Shabara Polres Mimika, AKP Rosman L. Mansyur di ruang kerjanya, Jumat (15/1/2021).

AKP Rosman mengatakan, untuk malam hari dilakukan mulai pukul 21.00 WIT, di mana selain mengimbau juga disusul dengan menerapkan sanksi, baik sanksi teguran hingga penutupan sementara selama tiga hari.

Dijelaskan, memang dalam instruksi Bupati tidak termasuk sanksi, tapi ada dalam kesepakatan bersama, karena domain utama instruksi Bupati pada dinas PolPP, sehingga diterapkan dalam aturan-aturan penertiban masyarakat yang memang ditindak oleh PolPP. Dengan demikian, jika dalam upaya penertiban oleh PolPP terjadi tindak pidana maka Polisi yang akan mengambil alih.

“Data lengkap terkait jumlah yang diberikan teguran dan sanksi itu adanya di PolPP. Kami sifatnya memback-up,” katanya.

Untuk siang hari dilaksanakan sosialiasi sekaligus menindak tegas masyarakat yang belum mempunyai kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, juga ada pembagian kurang lebih 100  masker di tiga titik yaitu persimpangan lampu merah pasar lama, pertigaan Timika Mall dan perempatan Budi Utomo ke Hasanuddin ujung. Sedangkan bagi masyarakat yang memang telah mengenakan masker diberikan sosialisasi berkaitan dengan tertib berlalulintas.

Penegakan terhadap instruksi Bupati ini akan tetap dilakukan hingga tanggal 25 Januari mendatang.

“Diharapkan dengan pembagian masker bisa mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan selama pandemi covid-19. Sampai sekarang kita tahu pandemi ini belum berakhir dan juga belum ada obatnya. Untuk di Mimika, kami secara masif memberikan imbauan, tetapi angka penyebaran virus covid ini masih tetap meningkat,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus