Vaksin Covid-19 Gratis, Besok Kick Off Perdana di Mimika Diberikan Kepada 17 Pimpinan

Bagikan Bagikan
Kadinkes Mimika, Reynold Ubra (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Pencanangan atau kick off vaksin covid-19 jenis Sinovac perdana di Kabupaten Mimika diberikan kepada 17 pimpinan, baik kepala daerah, lembaga pemerintah daerah, lembaga agama, dan organisasi profesi yang akan dilaksanakan di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika Jalan Cenderawasih SP3, pada Besok Jumat (22/1/2021).

“Besok (Jumat, 22/1/2021) pencanangannya itu (vaksinasi covid-19) di Kantor Pusat Pemerintahan SP3, mulai jam 09.00 WIT. Pencanangan perdananya kepada 17 pimpinan, yakni: Wakil Bupati, Dandim, Danlanud, Ketua MUI, Kadinkes, Kapolsek Mimika Baru, Direktur RSUD Mimika, Ketua Komite Medik RSUD Mimika, Direktur RSMM, Jonny Lingga (VP Government Relations PTFI), Direktur RS PTFI, Ketua PPNI, Ketua IDI Mimika, Sekretaris Bappeda, Pater Maksimilianus (Pastor Gereja Katolik Sempan), Kepala Loka POM Mimika, dan Direktur YPMAK,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra melalui sambungan telepon kepada Salam Papua, Kamis malam (21/1/2021).

Reynold mengatakan, vaksinasi covid-19 kepada 17 pimpinan tersebut akan dilakukan dua kali, yakni besok dan pada tanggal 5 Februari 2021 atau 14 hari setelah dilakukan vaksin yang pertama.

“Setelah vaksinasi besok, kemudian tanggal 5 Februari divaksin lagi,” katanya.

Dia mengungkapkan, para 17 pimpinan yang akan divaksin besok, sebelumnya telah dilakukan screening kesehatan.

“Sudah seminggu ini kami sudah melakukan screening kesehatan kepada para pimpinan, baik eksekutif, legislatif, yudikatif, tokoh-tokoh agama, dan tokoh masyarakat,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang pertama kali di Kabupaten Mimika besok juga akan dilakukan kepada 1.723 tenaga kesehatan hingga tanggal 28 Februari 2021.

“Setelah para pimpinan itu divaksinasi, juga akan dilanjutkan vaksinasi kepada tenaga kesehatan di 56 Faskes di Mimika, mulai besok hingga tanggal 28 Februari 2021,” jelasnya.

Ketika ditanya, apakah vaksin covid-19 di Mimika ini gratis? Dia mengaku, “Benar, vaksin (covid-19) ini gratis”.

Di sisi lain, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM menegaskan bahwa memang benar besok merupakan langkah awal bahwa Kabupaten Mimika siap melaksanakan vaksinasi covid-19.

“Benar besok dilaksanakan vaksinasi covid-19 pertama di Mimika dan saya adalah orang pertama yang mendaftar untuk divaksin,” ujar Wabup John, Kamis (21/1/2021).

Tetapi Wabup John menjelaskan bahwa ternyata seseorang belum langsung divaksin tapi harus terlebih dahulu beberapa kali dilakukan screening kesehatan. Selain itu juga harus mengisi 16 pertanyaan, yang mana apabila di salah satu pertanyaan tersebut ada jawaban ‘ya’, berarti tidak bisa divaksin covid-19.

Kemudian, ada ketentutan bahwa di hari “H” pada saat akan divaksin, akan diperiksa kembali. Jika memenuhi persyaratan berdasarkan hasil uji klinis, maka dapat divaksin covid-19 tersebut.

Hal ini dilakukan sebab ada aturan tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi covid-19, ada beberapa orang yang tidak bisa divaksin.

“Saya sangat ingin divaksin besok. Untuk itu, malam ini saya mau istirahat cepat supaya besok saya berharap ketika diperiksa, saya dalam kondisi sehat dan bisa divaksin,” tambahnya. (Acik/Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus