BPK Akan Sedikit Berbeda Memeriksa Keuangan Daerah, Wabup John: Pemkab Mimika Siap!

Bagikan Bagikan
Pemkab Mimika saat mengikuti pertemuan secara virtual dengan Tim BPK Provinsi Papua (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Papua menggelar pertemuan secara virtual dengan seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Papua pada Rabu (3/2/2021), dan mengatakan akan segera memeriksa keuangan di masing-masing daerah di Papua.

Kepada wartawan, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM mengatakan pemeriksaan keuangan di masing-masing daerah ini merupakan pemeriksaan rutin yang dilakukan BPK dari tahun ke tahun dan pada prinsipnya Pemkab Mimika siap.

Pada pemeriksaan kali ini, Dia mengaku sedikit berbeda. Ada 3 tujuan BPK dalam pemeriksaan nanti, yang pertama melihat pengelolaan anggaran, dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan anggaran yang lalu, kemudian BPK juga akan menilai sistem pengendali internal sudah berjalan atau belum.

"Mereka juga mau melihat kewajaran saldo keuangan, ketertiban kewajaran saldo, ketika saldo tidak wajar, harus ada berita acara. mereka mau lihat ini dari segala kegiatan dan juga pertanggungjawaban itu ada berita acaranya atau tidak. Dan ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena biasanya kita tidak pernah tertib anggaran," ungkap Wabup John.

Dia belum mengetahui kedatangan BPK, karena sejauh ini belum ada koordinasi terkait hal tersebut.

"Kita berharap opini dapat dipertahankan, dan tentunya ini harus didukung oleh semua pimpinan OPD, karena banyak sekali yang harus kita siapkan. Dalam waktu dekat Pemkab Mimika akan menggelar pertemuan untuk menyiapkan materi dan data-data yang diperlukan dalam pemeriksaan nanti," ujarnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus