Cermin Konsistensi Pers: Bunyikan Kebenaran, Jangan Bungkam Terhadap Ketidakadilan - Tajuk

Bagikan Bagikan

HARI ini, tepatnya tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional yang ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985 silam.

Dalam sejarah, pers lahir untuk tujuan “Menghancurkan sisa-sisa kekuasaan Belanda, mengobarkan revolusi, dengan mengobori semangat perlawanan seluruh rakyat terhadap bahaya penjajahan, menempa persatuan nasional, untuk keabadian kemerdekaan bangsa dan penegakan kedaulatan rakyat.”

Melalui tujuan di atas, maka dapat ditarik benang merah bahwa pers bertugas untuk “tajam ke atas dan ke samping”. Dalam pengertian, tajam ke atas adalah pers harus selalu konsisten dalam mengkritisi kebijakan-kebijakan penguasa atau pemerintah yang berat sebelah dan tidak mementingkan kemaslahatan rakyat. Sedangkan tajam ke samping adalah pers harus selalu mampu menyampaikan informasi yang objektif, jujur, dan terpercaya tentang berbagai dimensi kepada masyarakat. Di samping itu, pers juga perlu menjadi garda terdepan yang akrab dan bermartabat bagi masyarakat dalam memberitakan isu-isu dan persoalan-persoalan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan sekaligus dapat juga menampilkan berbagai tawaran solusi atas bebagai isu dan persoalan sosial tersebut, tanpa memilah-milah dimensi kehidupan manusia dan strata sosial demi “lumbung ekonomi” perusahaan pers.

Dalam konteks masa reformasi Indonesia saat ini, Pers di Indonesia menjadi salah satu pilar demokrasi yang bertugas untuk “Membunyikan Kebenaran dan Jangan Bungkam terhadap Ketidakadilan” demi semangat menegakkan kedaulatan, kesejahteraan, kenyamanan, keamanan dan kepentingan masyarakat.

Melalui berbagai nafas pers di atas, maka pers di Indonesia saat ini benar-benar diuji konsistensinya dalam menyampaikan ke ruang publik berbagai informasi yang berorientasi pada cinta akan kebenaran dan memusuhi ketidakadilan, khususnya memusuhi konsepsi dan realisasi kepentingan individualis yang berujung pada keuntungan “tanpa merasa cukup” dari personal atau kelompok penguasa dan/atau politikus tertentu yang dengan cara merampas “di ruang tersembunyi” hak orang banyak, dalam hal ini adalah masyarakat.

Apalagi di masa globalisasi saat ini, media siber atau yang lebih dikenal dengan sebutan media online sebagai “media baru” sedang menjadi primadona dalam upaya mempertahankan hidup perusahaan pers. Sangat berbeda jauh dengan sifat media cetak, media online merupakan bagian dari dunia pers yang bersifat lokal-global, artinya pemberitaannya memuat isu dan peristiwa di ranah lokal (di lingkup suatu daerah di mana pers itu berada) namun dapat diakses oleh publik secara global dan mendunia.

Di sisi inilah, iklan yang merupakan bagian dari pers itu sendiri, “mungkin” menjadi objek satu-satunya yang diburu oleh media online agar memperoleh income ekonomi demi melanjutkan “hidup” media online itu sendiri.

Namun untuk hal ini, perlu diakui bahwa suatu perusahaan pers atau media massa tidak terlepas dari kepentingan, orientasi dan tujuan atau ciri khasnya tentang warna sosial-politik tertentu. Tapi bukan berarti perusahaan pers atau media massa tersebut harus “terpaksa” menggeser nafas pers-nya dengan cara mengabstrakan kebenaran dan bungkam terhadap ketidakadilan demi mengeruk segudang iklan yang berasal dari oknum atau kelompok yang secara terang benderang telah diketahui memiliki niat dan/atau realitas hidup dalam mendapatkan income ekonominya dari ketidakadilan dan merampas hak rakyat.

Dan juga, insan pers, baik sadar ataupun tidak sadar, akan kehilangan jatidirinya jika bermain-main di “ruang gelap” ketika mempersilahkan dirinya diberi segenggam uang oleh oknum atau kelompok tertentu untuk memberitakan propaganda politik kotor atau kepentingan individualistis yang berujung pada kerugian masyarakat.

Semoga pers semakin maju dalam mengedukasi publik dengan pemberitaan-pemberitaan yang mengedepankan nilai-nilai kebenaran dan menjadi akselerator perubahan.

Selamat Hari Pers Nasional…

Amole… Nimao Witimi…

Salam! (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus