Dinas PUPR Mimika dan BPJSTK Bekerjasama Lindungi Tenaga Kerja Bidang Jasa Konstruksi

Bagikan Bagikan
Foto bersama Dinas PUPR Mimika dan BPJSTK Cabang Timika (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika bersama  Badan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Cabang Timika bahas kerjasama dalam rangka melindungi seluruh tenaga kerja yang bergerak di bidang jasa konstruksi dengan jaminan sosial BPJSTK.

Rapat pembahasan program kerja bersama tahun 2021 antara Dinas PUPR dan BPJSTK dilakukan di Hotel Horison Diana Timika, Kamis (24/2/2021).

Robert Mayaut selaku Kepala Dinas PUPR mendukung penuh kerjasama tersebut. Menurut dia, jaminan sosial BPJSTK sangat bermanfaat bagi tenaga kerja, mengingat para tenaga kerja yang bergerak di bidang kontruksi sangat beresiko.

Dia menegaskan, kepada para kontraktor untuk wajib melindungi para tenaga kerjanya dengan jaminan sosial BPJSTK, dan tidak ada alasan bagi kontraktor untuk tidak mendaftarkan tenaga kerjanya.

“Ini sangat bermanfaat untuk melindungi teman-teman pekerja. Meskipun tenaga kerja harian, kontraktor wajib melindungi mereka dengan jaminan sosial, karena kita tidak tahu kecelakaan atau resiko itu selalu mengintai dan datang kapan saja, meskipun kita tidak menginginkan hal itu terjadi,” tegasnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa Dinas PUPR tidak akan bekerjasama dengan kontraktor yang tidak menjamin para tenaga kerjanya dengan jaminan sosial BPJSTK.

Sementara itu Kepala BPJSTK, Verry Boekan mengungkapkan, tujuan dalam kerjasama tersebut untuk bagaimana di masing-masing tupoksi melindungi dan mensejahterakan seluruh tenaga kerja khususnya  yang bergerak di bidang jasa konstruksi.

“Ini seperti semacam Kick Off meeting di awal tahun 2021, bagaimana kita saling komunikasi dan berkoordinasi terkait dengan mana yang akan kita lakukan sama-sama untuk melindungi tenaga kerja, dan kita berharap di tahun 2021 ini dapat menjalin kerja sama yang baik antara semua intansi, dan memastikan semua pekerja yang ada di Kabupaten Mimika ikut dalam BPJSTK,” ungkap Verry.

Sebagaimana diketahui terhadap jaminan ini, Pemerintah Kabupaten Mimika telah menetapkan peraturan daerah (Perda) nomor 4 tahun 2019 tentang pedoman penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja penerima upah, pekerja bukan penerima upah dan pekerja jasa kontruksi di Kabupaten Mimika. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus