Ditargetkan 10 Ribu Lebih Anak Distrik Mimika Baru Terima Vitamin A dan Obat Cacing

Bagikan Bagikan
Pemberian vitamin A (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Dinkes Mimika menargetkan pemberian vitamin A dan obat cacing serta penimbangan bagi sebanyak 10 ribu lebih Bayi dan Balita di wilayah kerja Puskesmas Timika, Distrik Mimika Baru.

Diharapkan agar dari target tersebut bisa mencapai 85% sebelum akhir bulan yang ditetapkan.

“Target pemberian vitamin A, kapsul cacing dan penimbangan di wilayah kerja Puskesmas Timika adalah sebanyak 1754 bayi dan  8735 balita,” ungkap Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Mimika, Lenni Silas saat pembukaan pencanangan bulan Vitamin A dan Obat Cacing di Posyandu Pniel di halaman Gereja Pniel, Jalan C Heatubun, Kelurahan Kwamki Baru, Selasa (10/2/2021).

Dijelaskan bahwa ada tiga event dalam pencanangan ini yaitu, bulan penimbangan, bulan vitamin A dan dikolaborasikan dengan pemberian obat cacing. Program ini dikolaborasikan lantaran telah dikenal di masyarakat bahwa bulan Februari dan Agustus itu adalah bulan vitamin A, sehingga di bulan itu juga banyak masyarakat yang datang membawa anak-anaknya untuk mendapatkan kapsul vitamin A, dengan demikian cakupan penimbangan juga meningkat dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Pemberian obat cacing direkomendasikan untuk balita yang berusia 2-5 tahun. Usia itu merupakan usaia dimana anak-anak mulai kontak dengan lingkungan sekitarnya yang rentan menyebabkan anak cacingan.

“Obat cacing diberikan dua kali dalam satu tahun yaitu setiap enam bulan, sehingga diharapkan bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak,” jelasnya.

Tiga program ini juga berkaitan dengan upaya pencegahan stunting, karena intervensi pencegahan stunting itu diawali dengan penimbangan di posyandu dengan intervensi-intervensi lainnya yang diterima oleh balita. Seharusnya juga di posyandu ini ada pemeriksaan ibu hamil, karena intervensi stunting juga dimulai dari remaja putri, persiapan seorang ibu menjelang kehamilan, setelah bayi lahir serta ketika bayi dan balita mulai menjalani masa pertumbuhan dan perkembangannya.

“Jadi tiga program ini terintegrasi di posyandu. Sekarang ini posyandu secara keseluruhan di Mimika sebanyak 100 lebih. Diharapkan dengan adanya kegiatan di posyandu ini dapat mengoptimalkan meningkatnya kesehatan bayi dan balita, sehingga angka stunting juga semakin ditekan,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar