DPA Kabupaten Mimika Belum Diterima OPD

Bagikan Bagikan
Wabup Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Sampai saat ini OPD di lingkup Pemkab Mimika belum menerima Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) yang memuat pendapatan dan belanja setiap OPD dan digunakan sebagai dasar pelaksanaan oleh pengguna anggaran.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM menjelaskan, faktor yang menghambat penyerahan DPA kepada setiap OPD di Mimika karena adanya Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang baru diterapkan oleh Kementerian Dalam Negeri sesuai amanat Permendagri Nomor 70 tahun 2019.

“APBD sesudah ditetapkan oleh DPRD kita harus melakukan evaluasi dan rasionalisasi di Jayapura dan itu sudah dilakukan, namun karena kita masuk dalam sistem SIPD sehingga agak terlambat dalam pembagian DPA. Aplikasi tersebut belum terlalu siap, salah satu persoalannya adalah, sesudah kita input semua data di dalam sistem tersebut kita belum mengetahui bagaimana proses selanjutnya ke bagian keuangan untuk kemudian dikeluarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), dan terkoneksi di bank Papua,” ungkap Wabup John, Jumat (26/2/2021).

Dia mengatakan, persoalan seperti ini bukan saja terjadi di Mimika namun hampir di semua daerah. Berdasarkan instruksi Mendagri, bagi daerah yang belum siap untuk mengaplikasikan sistem tersebut bisa kembali menggunakan sistem Pengenalan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) atau sistem yang lama.

“Gubernur Papua juga telah menginstruksikan agar seluruh Kabupaten dan Kota di Papua untuk tetap mengikuti SINDA. Jadi sekarang kita harus menstrasfer kembali data dari SIPD ke SINDA  dan ini masih dalam proses. Ya, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai dan DPA segera dibagikan dan kegiatan segera dijalankan oleh setiap OPD,” terangnya. ((Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar