Masyarakatnya Sangat Patuh Anjuran Pemerintah, Selandia Baru Negara Peringkat 1 Mencegah Covid-19

Bagikan Bagikan

(Foto:cnnindonesia)

SAPA (SELANDIA BARU) – Selandia Baru merupakan negara kecil yang terletak sekitar 1500 kilometer di tenggara Australia dengan penduduk berjumlah sekitar 5 juta jiwa, berdasarkan hasil penelitian Institut Lowy, menduduki peringkat 1 dari 98 negara di dunia dengan jumlah terdampak pandemi covid-19 paling sedikit karena kesadaran masyarakatnya yang begitu tinggi terhadap anjuran pemerintah.

Hal ini diakui oleh Jack Christi, salah satu warga yang tinggal dan bekerja di negara tersebut, saat dihubungi Salam Papua melalui pesan WhatsApp, Minggu malam (31/1/2021).

Jack mengatakan, masyarakat di Selandia Baru memiliki kesadaran yang tinggi dalam mengikuti anjuran pemerintah dalam mencegah pandemi covid-19.

“Masyarakat New Zealand (Selandia Baru, Red) memiliki kesadaran yang tinggi dan sangat mendukung kebijakan pemerintah (dalam mencegah pandemi covid-19),” kata Jack, sebagai seorang yang berprofesi sebagai Chef itu.

Dikabarkan saat ini, tepatnya pada 25 Januari 2021 lalu, ada seorang wanita warga negara Selandia Baru yang baru saja pulang dari luar negeri dinyatakan positif terkapar covid-19 varian baru dengan jenis B.1.351 yang ditemukan di Afrika Selatan. Menurut Jack, hal tersebut langsung ditangani dengan baik dan cepat oleh pemerintah setempat.

“Ada satu kasus baru Minggu ini, tapi langsung ditangani dengan baik dengan cara isolasi dari pemerintah,” ujarnya.

Menurut dia, selama masa pandemi covid-19 ini, ketika ditemukan ada warganya yang positif covid-19, pemerintah Selandia Baru langsung menetapkan kebijakan lockdown dari level 4 hingga level 1, sesuai tingkat resiko potensi penyebarannya.

“Pemerintah New Zealand menetapkan kebijakan lockdown dengan beberapa level. Dari level 4 yang benar-benar tutup semua toko dan pelaku usaha termasuk kantor-kantor pemerintah, sekolan, dan lain-lain, hingga level 1 yang sedikit lebih longgar di mana sekolah boleh buka, kantor dan restaurant sudah buka dengan batas 40-70 orang dalam satu ruangan,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, penyuntikan vaksin covid-19 saat ini sudah mulai dilaksanakan di negara tersebut.

“Saya dengar baru mulai bulan ini (Januari), dan itu dimulai dari petugas-petugas garda terdepan seperti perawat, polisi, pegawai imigrasi, dokter, dan lain-lain,” tuturnya.

Terkait kesadaran masyarakat Selandia Baru yang patuh terhadap anjuran pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Dubes Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya mengaku bahwa masyarakat di negara tersebut begitu patuh terhadap protokol covid-19.

“Jadi kebiasaan bagus seperti mencuci tangan masih dilakukan. Meski di sini (Selandia Baru, Red) sudah tidak ada keharusan, tapi hand sanitizer tersedia di mana-mana dan masyarakat menggunakannya. Walaupun sudah tidak ada anjuran dari pemerintah untuk menggunakan masker, tapi masyarakat selalu membawa masker. Masyarakat di sini mengikuti anjuran pemerintah. Ketika merasa tidak enak badan, maka masyarakat tidak keluar rumah. Jadi mereka istirahat di rumah sampai merasa pulih, baru beraktivitas kembali,” ungkap Tantowi. (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Hallo Gamer Indonesia Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga 10%, EDISI TERBATAS
    Buruan Daftar sekarang juga di Bola165, Cek promo bisa disini >>> biolinky.co/promobola165

    BalasHapus
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus