Mimika, Daerah Terbanyak Warga Negara Asing di Papua

Bagikan Bagikan
Novanto Sulastomo (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Divisi Keimigrasian Papua, Novanto Sulastomo mengaku bahwa jumlah warga negara asing (WNA) di seluruh Papua adalah sebanyak kurang lebih 900 orang.

Terbanyak di Mimika dan merupakan tenaga kerja di wilayah PT. Freeport Indonesia (PTFI), yang dijumlahkan seluruh beserta keluarganya adalah sebanyak kurang lebih 700 orang.

Keberadaan orang asing yang terpantau di kantor Imigrasi kelas II TPI Mimika selain selalu diawasi melalui administratif maupun lapangan, ada juga aplikasi untuk pengawasan orang asing yaitu APOA (Aplikasi Laporan Orang Asing). Dengan aplikasi ini, setiap hotel, rumah ataupun kos bisa melaporkan keberadaan orang asing di tempatnya melalui aplikasi, karena diwajibkan oleh Undang-undang nomor 6 tahun 2011.

“Kita sudah ada APOA. Berarti yang hendak mendaftarkan data orang asing, tidak perlu lagi datang ke kantor Imigrasi, tapi bisa dilakukan secara online dari tempatnya masing-masing,” ungkap Novanto usai menghadiri acara serah terima jabatan Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Mimika, Senin (22/2/2021).

Dia menambahkan, WNA atau orang asing tentunya dominan sebagai pekerja, penyatuan keluarga, penelitian dan misionaris. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus