Pemkab Puncak Jaya Harap Tol Laut Depapre Buat Harga Komoditas Murah

Bagikan Bagikan

Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA)
- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya mengharapkan pengoperasian Tol Laut Depapre di Kabupaten Jayapura dapat membawa dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat di kawasan Pegunungan Bumi Cenderawasih, di mana harga barang dan komoditas yang selama ini masih mahal akan turun. 

Wakil Bupati (Wabup) Puncak Jaya Deinas Geley dalam siaran persnya di Jayapura, Senin, mengatakan apresiasi ke Presiden Joko Widodo, Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw atas terobosannya membuka Pelabuhan Depapre sebagai pelabuhan peti kemas yang melayani rute tol laut Papua. 

"Kami sangat bangga karena terobosan ini akan membawa dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat di kawasan Pegunungan Papua," katanya. 

Menurut Deinas, ini merupakan harapan baru bagi ekonomi Papua dan langkah maju untuk menekan harga-harga barang di daerah Pegunungan Papua yang selama ini masih mahal di mana pihaknya optimis di Puncak Jaya akan merasakan dampak dari beroperasinya Pelabuhan Depapre. 

"Misalnya, harga beras dapat dipastikan menurun, karena distribusi beras dari Merauke tak lagi dikirim ke Pulau Jawa melainkan langsung di kirim ke Jayapura kemudian diterbangkan ke Pegunungan Papua," ujarnya. 

Dia optimis program-program strategis yang dipelopori Presiden Joko Widodo dan Gubernur Lukas Enembe untuk mensejahterakan Orang Asli Papua (OAP) dapat diwujudkan bila semua elemen masyarakat bersatu dan bekerja sama membangun Bumi Cenderawasih. 

"Kami selalu bersama rakyat dan terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan rakyat, saya opitmis program presiden Jokowi dan Gubernur Lukas Enembe bisa menjawab masalah kemiskinan di Papua," katanya lagi. 

Sekadar diketahui, Pelabuhan Depapre resmi beroperasi sebagai pelabuhan peti kemas dan melayani rute tol laut. Peresmiannya ditandai dengan bersandarnya kapal tol laut Logistik Nusantara (Lognus) 2 yang dioperasikan PT Pelni. 

Pelabuhan yang berada di Distrik Depapre Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua itu melayani rute baru atau rute T-9 meliputi Kabupaten Merauke-Kokas-Sorong-Supiori- Depapre Kabupaten Jayapura (pulang pergi). 

Peresmian pelabuhan tersebut dilakukan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw didampingi Staf Ahli Menteri Perhubungan Cris Kuntadi, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musa’ad dan pejabat lainnya. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar