Pencarian KM Uty Star Diusulkan Ditutup, Nasib 6 Penumpang Tidak Pasti

Bagikan Bagikan
Pencarian terakhir atau hari ke 7 (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Setelah memasuki hari ke 7 yang dimulai tanggal 16 Februari lalu, pencarian Kapal Motor (KM) Uty Star diusulkan ditutup. Dari 7 korban, baru 1 yang ditemukan.

encarian KM. Uty Star POB 7 yang tenggelam di perairan Yapero Distrik Mimika Timur Jauh ini  diusulkan ditutup sesuai SOP Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Sebelumnya tim SAR gabungan yang terdiri dari personel rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, TNI AL, Pol Airud dan keluarga korban telah melakukan pencarian korban KM. Uty Star dengan menyisir di sekitar lokasi kejadian kapal tenggelam.

Tak hanya di tengah laut, tim SAR gabungan juga menyisir daerah pesisir pulau Yapero namun pencarian yang setiap hari dilakukan dari pagi hingga sore hari pukul 18:00 WIT tersebut tidak membuahkan hasil, dan barulah pada tanggal 17 Februari terdapat kabar dimana dari salah satu dari ketujuh korban atas nama Ahot berhasil ditemukan oleh kapal minyak yang kebetulan melintas di sekitar perairan Yapero.

Setelah penememuan 1 korban itu hingga saat ini belum ada tanda-tanda tentang keberadaan 6 korban lainya. Dalam pencarian korban, Kantor pencarian dan pertolongan Timika juga telah dibantu dari Basarnas Pusat dengan mengirimkan peta data kemungkinan objek yang dicari berada yaitu dalam bentuk Aplikasi SARMAP Prediction serta batuan E-Broadcash dari Kantor SAR Makassar yaitu pengiriman pesan singkat kepada Kapal-kapal yang melintas di sekitar Lokasi Kejadian di radius 80 Nm untuk memberikan bantuan jika melihat dan SAR Timika juga telah berkoordinasi serta meminta kepada unsur terkait di antaranya dari pihak Stasiun Radio Pantai mohon untuk pemapelan ke Kapal-Kapal yang melintas dan ke dinas Perikanan, ke kapal-kapal nelayan dan juga Air Nav dan pesawat udara yang sering beroperasi di perairan selatan Timika agar dapat memantau jika menemukan tanda-tanda keberadaan korban dapat kiranya melaporkanya ke kantor pencarian dan pertolongan Timika.

Rilis Kantor pencarian dan pertolongan Timika, Senin (22/2/2021) menjelaskan bahwa  pada pukul 18:00 WIT hari ke 7 operasi SAR Pencarian KM. Uty Star secara resmi telah diusulkan ditutup.

Meski demikian, jika terdapat informasi terbaru tentang tanda-tanda keberadaan 6 korban yang hilang maka operasi SAR dapat dibuka kembali. Pihak SAR Timika berharap masyarakat yang beraktivitas diperairan agar dapat memahami data cuaca yang tidak bersahabat belakangan ini, dan menjaga standar Keselamatan dalam berlayar demi keamanan kita bersama. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar