Polisi Tangkap 11 Pelaku Kasus Narkoba dan 3 Pencuri Motor Selama Januari 2021

Bagikan Bagikan

Para tersangka penyalahgunaan Narkoba dan barang bukti (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) –  Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G Era Adhinata mengatakan bahwa dalam kurun waktu di bulan Januari 2021, Sat Res Narkoba berhasil mengungkap peredaran narkoba dengan mengamankan 11 orang yang terlibat di Mimika.

11 orang yang terlibat kasus barang terlarang ini diamankan di tujuh TKP yaitu pertama di jalan Hasanuddin pada tanggal 7 Januari dengan barang bukti berupa 16 plastik bening berisikan sabu seberat 0,77 gram serta beberapa peralatan seperti alat hisap sabu, korek api termasuk satu unit sepeda motor. Kedua, mengamankan seorang di jalan karitas depan GOR SP2 pada tanggal 7 Januari. Ketiga, di jalan Wowor Kwamki Baru polisi mengamankan tiga orang tersangka pada tanggal 8 Januari dengan barang bukti beberapa paket sabu disertai perlengkapannya. Keempat, pada tanggal 12 Januari  mengamankan seorang di lorong Swadaya jalan Sosial dengan barang bukti paket sabu. Kelima, tanggal 14 Januari mengamankan seorang di jalan Kartini jalur 2 dengan barang bukti beberapa paket sabu. Keenam, di tanggal 18 Januari mengamankan seorang di jalan Budi Utomo beserta barang bukti berupa tembakau sintetis seberat 4,90 kg. Ketujuh, tanggal 22 Januari mengamankan seorang di jalan Kartini dengan barang bukti beberapa paket sabu.

“11 orang pengedar barang haram  ini berinisial R, MR, RW, AM, R, P, T, W, PA, ADR dan M. Di bulan Januari (2021) ini sebagian besar kita masih mengamankan pemakai,” ungkap Kapolres di kantor pelayanan Polres Mimika jalan Agimuga, mile 32, Rabu (3/2/2021), saat menyampaikan rilis awal tahun 2021 terkait pelaksanaan tugas Polres Mimika khususnya hasil operasional.

Tetap diharapkan agar ke depannya Sat Res Narkoba bisa mengungkap bandar besarnya. Sebab, penangkapan 11 orang ini membuktikan bahwa peredaran narkoba di Mimika masih masif dan tentunya ada sumbernya.

“Kami minta dukungan dari seluruh masyarakat untuk menyampaikan informasi yang akurat agar kita bisa mengembangkannya, karena dengan kapasitas personel Polres saja tidak akan bisa melakukan penyelidikan secara maksimal,” ujarnya.

Selain dari pengungkapan tindak pidana narkoba, juga ada pengungkapan kasus lainnya yaitu tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Untuk kejahatan Curanmor, Polres Mimika telah berhasil mengamankan tiga orang yaitu ML, MGW dan MFR beserta lima kendaraan roda dua hasil curian masing-masing pelaku. TKP Curanmor adalah di jalan Kartini sebanyak 3 korban dan dua korban di  Budi Utomo ujung Timika.

Modus operandi Curanmor masih sama yaitu dilakukan pada malam hari khususnya pada malam Jumat, Sabtu dan Minggu pada pukul 00.00 WIT hingga subuh dengan cara mendorong motornya.

“Untuk pengungkapan kasus Curanmor juga kita minta dukungan masyarakat. Rata-rata Curanmor itu terjadi di depan rumah korban. Makanya diharapkan  masyarakat harus berhati-hati dan menjaga keamanan parkir motornya. Salah satu yang menjadi korban Curanmor itu adalah Ketua MUI Mimika. Dalam waktu kurang lebih satu hari pelakunya berhasil diamankan,” tuturnya.

Pengungkapan kasus kejahatan di awal tahun ini mengacu pada evaluasi  meningkatnya kejahatan yang sama yang telah disampaikan pada rilis akhir tahun 2020 lalu. Selanjutnya dari kejahatan tersebut maka pola operasional yang ditingkatkan di awal tahun 2021 adalah mempelajari waktu, tempat dan modus kejahatan itu terjadi. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus