Puluhan Anak dan Orang Dewasa di Timika Keracunan Makanan Ulang Tahun

Bagikan Bagikan
Saat Polisi membantu mengevakuasi korban keracunan ke Rumah Sakit (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Puluhan anak dan orang dewasa dilarikan ke RSMM Caritas lantaran keracunan makanan yang diduga dihidangkan di acara ulang tahun di jalur 2 SP2 Timika.

Ibu Dewi yang juga merupakan korban keracunan makanan mengaku, acara ulang tahun digelar sekitar pukul 14.00 WIT, tetapi lantaran hujan maka acara makan-makan tertunda hingga pukul 16.00 WIT. Seperti  biasanya, santapan yang disajikan pada saat acara adalah nasi kuning dan kue, yang mana nasi kuning untuk anak-anak disajikan dalam bentuk kotak dan untuk orang dewasa dihidangkan secara prasmanan.

“Setelah magrib kita pulang, tiba-tiba anak saya yang usia dua tahun langsung lemas dan muntah-muntah. Kita tidak bisa pastikan bahwa itu akibat makan nasi kuning atau pun kue dan yang lainnya,” ungkap Dewi.

Dia menjelaskan, selain anaknya ternyata muncul informasi terkait adanya korban-korban lain dan dilarikan ke Puskesmas Timika Jaya, akan tetapi kemudian dirujuk ke RSMM.

Selang beberapa waktu kemudian, muncul anggota kepolisian yang datang membantu warga yang dilaporkan keracunan dan langsung dievakuasi secara bersama-sama ke RSMM.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ibu Susanti Rumpauw dan ibu-ibu lainnya. Susanti mengaku bahwa personel dari Polres Mimika datang diperkirakan pukul 21.00 WIT  dan langsung mengevakuasi warga ke RSMM.

Kapolres Mimika, AKBP I. G Era Adhinata mengatakan, laporan diterima pukul 20.00 WIT dan langsung merespon ke TKP usai menggelar apel malam.

“Yang fokus dilakukan adalah bergantian menjemput dan menghantar masyarakat ke RSMM supaya cepat mendapat pertolongan tim medis. Informasi sementara dari warga melaporkan bahwa keracunan massal ini usai menghadiri acara ulang tahun. Data yang kami himpun sebanyak 45 anak-anak dan dewasa untuk kemudian yang lainnya digeser ke RSUD. Untuk yang saat ini dievakuasi ke RSMM telah diambil darah oleh tim medis. Selanjutnya kami akan selidiki apa penyebab keracunan tersebut,” kata Kapolres.

Dia mengungkapkan, yang keracunan bukan hanya undangan, tetapi juga tuan penyelenggara acara dan saat ini dirawat di RSMM.

"Rata-rata korban usia 5 sampai 9 tahun dan ada juga yang dewasa. Sample makanan sudah kami ambil untuk diperiksa guna memastikan penyebab keracunan massal ini,” ungkapnya saat berada di RSMM. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar