Seleksi Sekda Mimika, Berproses dalam "Transparansi dan Kepatuhan Hukum" - Tajuk

Bagikan Bagikan

BUPATI Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH kembali menyampaikan informasi sebagai angin segar bagi Kabupaten Mimika terkait telah dibukanya seleksi Sekda Definitif di “tanah emas” ini setelah 2 tahun kursi stategis dan posisi puncak bagi seorang PNS tersebut bergelinding bagai bola liar.

Berdasarkan pengakuan Bupati Omaleng, seperti yang diberitakan Salam Papua pada Jumat lalu (29/1/2021), bahwa pada hari yang sama dirinya telah menandatangani surat rekomendasi seleksi Sekda Definitif Kabupaten Mimika, yang mana panitia seleksinya berjumlah 5 orang yang terdiri dari organ Pemprov Papua dan dosen Universitas Cenderawasih.

Seleksi Sekda Mimika kali ini diharapkan memberikan hasil yang memuaskan masyarakat dan berujung pada kepastian penetapannya. Sebab, jika melihat kembali perjalanan “bola liar” penetapan Sekda Mimika dalam 2 tahun ini, cukup menimbulkan banyak pertanyaan mendasar dari sisi administrasi negara dan perundang-undangan terkait Sekda.

Di mulai dari diberhentikannya Sekda Mimika Definitif pada 19 November 2018 lalu yang katanya tidak sesuai prosedur perundang-undangan (begitu yang diungkap Ausilius You), kemudian diangkat Plh Sekda Marthen Paiding dan berujung pada penetapan dirinya sebagai Pj Sekda. Kursi Sekda ini pun sempat diperebutkan dalam seleksi terbuka Sekda Mimika Definitif, namun akhirnya seleksi itu diberhentikan Bupati Mimika atas alasan ketidakadaan perwakilan perempuan, sehinigga jabatan Sekda Mimika dipercayakan kepada Nicolaas Kuahaty sebagai Plt Sekda pada 23 Juli 2020. Jabatan Nicky (begitu sapaan akrabnya) hanya bertahan selama 27 hari kalender karena diperhadapkan dengan permasalahan kepegawaiannya sebagai ASN yang masih aktif di Kabupaten Kaimana. Bupati Mimika akhirnya melantik Pj Sekda Jeni O. Usmany pada 19 Agustus 2020 hingga sekarang. Pj Sekda Jeni O. Usmany pada saat pelantikannya, diperintah Bupati Mimika, dalam waktu 3 bulan untuk segera membentuk panitia seleksi Sekda Mimika Definitif. Namun hingga batas waktu itu berakhir dan bahkan tertunda sampai dalam hitungan bulan, panitia seleksi Sekda Mimika Definitif belum kunjung dibentuk karena alasan belum ada rekomendasi dan jawaban pasti dari KASN.

Untuk saat ini, rekomendasi KASN pastinya sudah ada, karena Bupati Mimika telah menandatangani surat rekomendasi panitia seleksi Sekda Mimika Definitif dan seleksi pun sudah sedang berlangsung. Semoga tidak ada pembatalan, pemberhentian, atau alasan lainnya yang membuat seleksi ini batal, sehingga menambah goresan panjang sejarah kelam penetapan Sekda Mimika Definitif ini.

Dalam hal ini, berdasarkan peraturan yang berlaku, KASN mempunyai kewenangan untuk mengawasi tahapan seleksi terbuka Sekda mulai dari pembentukan panitia seleksi, pengumuman, pelaksanaan seleksi, pengusulan nama calon, penetapan dan pelantikan. Secara khusus untuk Panitia Seleksi, wajib memperhatikan keterwakilan gender.

Publik Mimika pun sangat berharap agar seleksi ini dapat dilaksanakan secara transparan dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KASN dan Panitia Seleksi, dalam proses seleksi ini, sangat diharapkan agar menjauhkan diri dari sikap like and dislike, bekerja karena diatur oleh orientasi pada uang, berat sebelah karena “titipan nama”, dan sikap-sikap negatif lainnya. Mengutip pernyataan Pj Sekda Mimika, Jenni O. Usmany, “Di dunia ini berlaku hukum tabur-tuai, siapapun yang menabur angin akan menuai putting beliung”.

Semoga Sekda Mimika Definitif yang terpilih nanti adalah seorang “pilihan Tuhan” yang mampu bekerja all out dengan hati dan pikirannya serta dapat mendukung sepak terjang Bupati dan Wakil Bupati dalam mengembangkan Kabupaten Mimika, di tanah Amungsa bumi Kamoro ini.

Dalam konteks yang berbeda namun masih terkait, fakta tentang sekelumit problematika Sekda Definitif sudah terjadi di cukup banyak daerah di Indonesia. Hal ini menunjukkan ada persoalan serius terkait regulasi tentang hal tersebut.

Dalam Perpres Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekda tidak disebutkan secara tegas batasan waktu penetapan Sekda Definitif ketika terjadinya kekosongan, tidak adanya sanksi atas daerah yang tidak kunjung menetapkan Sekda Definitif, dan juga tidak ada aturan batas waktu bagi Plh, Plt atau Pj Sekda dalam menjabat.

Bahkan, pada pasal 10 ayat 1 disebutkan proses seleksi terbuka pengisian Sekda Definitif paling lambat 5 hari sejak terjadinya kekosongan, namun pasal ini seakan diperlemah atau dibantahkan dengan pasal 10 ayat 2 yang menyebutkan dalam jangka waktu 3 bulan terjadinya kekosongan Sekda Definitif, paling lama 5 hari, Menteri untuk Provinsi atau Gubernur untuk Kabupaten/Kota dapat menunjuk Pj Sekda. Dengan kata lain, pasal 10 ayat 1 tidak memiliki legitimasi hukum yang kuat atau bahkan dibatalkan oleh pasal 10 ayat 2. Sebab apa signifikansinya waktu “5 hari” pada pasal 10 ayat 1 jika ternyata ada kompromi atau kelonggaran waktu “3 bulan” pada pasal 10 ayat 2?

Kerancuan regulasi di atas memberi peluang bagi pimpinan daerah untuk memainkan akrobatik politiknya dan/atau memainkan “tips di bawah meja di ruang gelap" dengan Menteri dan/atau Gubernur agar dapat semaunya mengangkat dan/atau menetapkan Plh, Plt atau Pj Sekda atas “orang-orang pilihan” sang pemimpin daerah tersebut untuk meng-goal-kan tendensi politik individualnya, demi menghindar dari pelaksanaan seleksi Sekda terbuka yang ada peluang besar untuk terpilihnya Sekda Definitif di luar keinginan sang pemimpin daerah tersebut.

Untuk hal ini, sangat diharapkan peran para anggota legislatif, baik DPRD maupun DPR RI, dalam mengkaji ulang dan bahkan mungkin merevisi regulasi ini demi kepentingan pembangunan yang konstruktif daerah-daerah di bumi Indonesia ini.

Amole… Nimao Witimi…

Salam! (Jiru)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus