SPSI Mimika Harus Jadi Partner Pemerintah Menyusun Kebijakan Sektor Tenaga Kerja

Bagikan Bagikan
Penyerahan Bendera Petaka kepada ketua baru (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Pengurus PC federasi serikat pekerja (FSP) KEP SPSI Mimika Periode 2021-2026 diminta agar bisa menjadi partner Pemerintah Daerah dalam menyusun kebijakan khususnya di sektor ketenagakerjaan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat FSP KEP SPSI, Sulistino,SH, saat pelaksanaan Pengesahan dan Pelantikan Pengurus PC FSP KEP SPSI Mimika Periode 2021-2026.

Menurut dia, Pengurus PC FSP KEP SPSI Mimika harus menjadi mitra dan bagian dari solusi dalam penyelesaian masalah industrial serta dalam rangka membangun Mimika yang lebih maju. Pengurus PC FSP KEP SPSI Mimika harus mampu menjadi bagian resolusi dalam rangka melindungi, membela dan memperjuangkan serta mensejahterakan pekerja yang ada di Mimika.

“Pengurus SPSI harus menjadi mitra Pemkab Mimika dalam menyusun kebijakan khususnya di bidang ketenagakerjaan. Harus menjadi solusi dalam hubungan industrial, bukan malah menjadi penambah masalah di Mimika,” ungkap Sulistino di salah satu hotel di Timika, Jumat (26/2/2021).

Pengurus PC FSP KEP SPSI Mimika harus menjadi serikat pekerja yang taat asas dengan dengan tetap melaksanakan agenda.

Diketahui adanya permasalahan yang sangat kompleks dari tahun ke tahun mulai dari 2011, 2014 hingga 2017. Diharapkan, Pengurus PC FSP KEP SPSI pusat, cabang dan di Mimika yang baru dilantik harus bisa melaksanakan reformasi organisasi dengan cara mengelola organisasi dengan baik, transparan dan akuntabel.

“FSP KEP SPSI sudah memberikan pedoman dalam rangka menjawab hubungan industrial dengan enam agenda penguatan organisasi, penguatan SDM, penguatan advokasinya, bangun solidaritas, penguatan adminitrasi serta propaganda positif,” katanya.

Sepakat dengan hal tersebut, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM mengatakan bahwa kemitraan itu penting guna mencari solusi dalam setiap masalah.

Permasalahan yang pernah terjadi biarlah menjadi pelajaran untuk mencapai sesuatu yang lebih baik ke depannya.

“Kalau merasa kebijakan pemerintah ataupun perusahaan ada yang kurang baik, maka kita sebagai mitra harus saling diskusi dan disampaikan dengan cara-cara yang baik dan damai,” kata Wabup John.

Menanggapi hal ini, Ketua PC  FSP KEP SPSI Mimika terpilih untuk periode 2021-2026, Agus Patiung menyampaikan bahwa meski di tahun-tahun sebelumnya banyak permasalahan yang terjadi, akan tetapi itu merupakan proses. Proses masa lalu tidak lagi untuk disalahkan dan tidak juga mengatakan bahwa proses ke depannya adalah yang paling terbaik.

Dirinya berkomitmen akan menjalankan organisasi berdasarkan asas yang ada. Sebab, jika berjalan sesuai aturan, apapun kebijakan yang dikeluarkan, maka fondasinya adalah aturan. Dengan demikian, diharapkan semua pengurus bisa mengambil hikmah dari suatu proses yang terjadi selama ini.

“Pada prinsipnya secara pribadi, setelah saya diberikan kepercayaan untuk menjalankan organisasi ini, maka akan saya jalankan sesuai dengan aturan main organisasi. Saya akan jalankan berdasarkan asas yang ada di NKRI. Kita tidak lagi persoalkan masa lalu, tetapi yang namanya masa lalu, pasti ada baik dan tidak baiknya,” kata Agus.

Setelah proses pelantikan selesai dilakukan, pengurusnya dinyatakan sah secara de jure dan de facto sebagai pengurus PC FSP KEP SPSI di Mimika. Tentunya, dalam langkah organisasi khususnya dalam badan pengurus, maka secara pasti akan menyusun program kerja, baik jangka panjang, menengah maupun jangka pendek.

“Itulah yang harus kami lakukan ke depannya. Khususnya konsolidasi kepada semua tingkatan mulai dari pusat sampai unit kerja yang ada di setiap perusahaan yang ada  di area PTFI khususnya di Privatisasi dan kontraktor yang ada di Mimika,” ujarnya.

PC FSP KEP SPSI Mimika membawahi kurang lebih 20 lebih PUK. Dia mengaku, pihaknya akan menyurati ke perusahaan agar memberikan dispensasi bagi pengurus-pengurus yang ada guna melakukan kegiatan organisasi di SPSI.

“Saya yakin untuk program kerja dan yang lainnya akan lahir pada saat kita sudah mulai melakukan rapat-rapat internal,” ungkapnya. 

Pantauan Salam Papua, Pengesahan dan Pelantikan Pengurus PC FSP KEP SPSI Mimika Periode 2021-2026 ini dirangkaikan dengan HUT SPSI ke 48. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar