Terhambat Karena Covid, Puskesmas Timika Lakukan Langkah Inovatif

Bagikan Bagikan
dr. Moses (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Beberapa program kesehatan dinilai terhambat akibat covid-19, Puskesmas di wilayah Mimika Baru (Miru) mulai mencari solusi agar target dan pelayanan kesehatan tetap berjalan maksimal.

Merasa perlunya kerjasama dan sinergitas antara tim kesehatan dan juga pemerintah setempat, Puskesmas Timika mengundang pihak Distrik Mimika Baru serta Kelurahan dan Kampung yang berada di wilayah Distrik Miru untuk sama-sama mencari solusi terhadap masalah kesehatan di wilayah Miru,  Jumat (19/2/2021).

Menurut dr. Moses, di tengah pandemi covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk tidak terlalu banyak bepergian dan harus menjaga jarak serta tidak berkerumun, penanganan terhadap masalah kesehatan tidak lagi dilakukan dengan cara-cara yang dulu, namun harus ada cara-cara inovatif.

Di masa sekarang, kata Moses, masalah yang dihadapi masyarakat adalah akses dan pembiayaan, yang mana sejak adanya covid-19, masyarakat lebih sedikit berkunjung ke layanan kesehatan, terlepas dari rasa takut, jarak menjadi alasan utama.

"Untuk itu kita mencari solusi bagaimana baiknya, agar ketika ada yang sakit tidak harus jauh untuk mendapatkan pelayanan dan tidak ada lagi rasa takut. Kita duduk bersama apakah di setiap kelurahan dan kampung dibuatkan pos pelayanan, agar jangkauannya lebih dekat. Namun kami tidak bisa lakukan itu sendiri, harus ada dukungan dari Distrik, Kelurahan dan Kampung," ujar Moses.

Dia menambahkan, cakupan pelayanan esensial turun jauh dan cakupan program sangat jauh dari target. Dirinya berharap dengan dibukanya pos-pos pelayanan yang melayani rutin dapat meningkatkan cakupan program yang dimaksud.

"Tahun ini kami akan mencoba fokus pada pendekatan keluarga untuk melakukan pelayanan kesehatan dan kami akan maksimalkan itu, yang dimulai dengan pendataan untuk mengetahui secara pasti datanya, dan semoga cakupan pelayanan bisa ditingkatkan," harapnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar