Tiga Pelaku Curanmor Jadi Penghuni Baru di Lapas IIB Timika

Bagikan Bagikan
(Foto:Ilustrasi)

SAPA (TIMIKA) – Tiga tersangka kasus pencurian motor (Curanmor) di Timika saat ini resmi menjalani masa hukuman dan menyandang sebagai Nara pidana (Napi) di lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Timika.

Kalapas Kelas II B Timika, Marthen B. Parlinoan mengatakan bahwa tiga orang tersebut baru diserahkan dari Kejari Timika tanggal 24 Februari atas dakwaan Curanmor. Tiga pelaku Curanmor ini menambah jumlah Napi di lapas yang semula hanya 257 orang menjadi 260 orang.

“Ada penambahan tiga orang, baru kemarin sore. Tiga orang ini kasus Curanmor. Kami tidak tahu persis apakah tiga orang itu merupakan pelaku Curanmor yang dirilis Polres beberapa waktu lalu, tapi yang jelas mereka baru diserahkan kemarin sore,” ungkap Marthen saat ditemui di kantor DPRD, Kamis (25/2/2021).

Selain itu, dijelaskan bahwa ada 8 orang Napi yang saat ini diusulkan menerima asimilasi rumah khusus covid-19. Asimilasi rumah ini khusus bagi WB yang telah menjalani 2/3 masa tahanannya dan merupakan warga Mimika. Namun, ketika menjalani asimilasi, WB terkait melakukan pelanggaran hukum atau melakukan kejahatan, maka akan ditangkap dan dikembalikan ke Lapas.

Asimilasi juga hanya diberlakukan bagi Napi yang memiliki kasus ringan. Sedangkan untuk Napi korupsi, kasus narkoba, Curas dan pembunuhan terencana tidak diperbolehkan.

“Prinsipnya semua hak Napi yang akan diberikan adalah harus berkelakuan baik. Untuk asimilasi covid-19 ini berkaitan dengan Permendagri nomor 32, Napi telah menjalani ½ dari masa tahanannya dan 2/3-nya telah mencapai di tanggal 1 hingga 30 Juni 2021,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar