Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Sekolah Tahun 2021 Ditiadakan

Bagikan Bagikan
(Foto:Logo Kemdikbud RI)

SAPA (JAKARTA) – Didasarkan pada fakta penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat serta mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, maka Ujian Nasional dan ujian kesetaraan sekolah pada tahun 2021 ditiadakan.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, nomor 1 Tahun 2021 tentang peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran Covid-19, yang mana Surat Edaran ini baru dipublish pada laman kemdikbud.go.id, Kamis (4/2/2021).

Surat Edaran yang ditujukan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia itu memuat 9 (sembilan) poin ketentuan.

Adapun beberapa ketentuan di antaranya adalah sebagai berikut:

1.  Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan.

2.  UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

3.  Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah: a). menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester; b). memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan c). mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

4.  Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada angka 3 huruf c dilaksanakan dalam bentuk: a). portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya); b). penugasan; c). tes secara luring atau daring; dan/atau d). bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

5.  Selain ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada angka 4, peserta didik sekolah menengah kejuruan (SMK) juga dapat mengikuti ujian kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

6.  Penyetaraan bagi lulusan program Paket, A, B, dan C dilakukan sesuai dengan ketentuan pada angka 3.

7.  Kenaikan kelas dilaksanakan dengan ketentuan: a). Ujian Akhir Semester (UAS) untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk seperti yang dimaksud pada angka 4; b). UAS untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

8.  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB pada Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Surat Edaran tersebut juga ditembuskan kepada Menteri Agama, seluruh Kepala Dinas Provinsi, seluruh Kepala Dinas Kabupaten/Kota, dan seluruh kepala satuan pendidikan. (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus