Vitamin A dan Obat Cacing Ditargetkan Bagi 28 Ribu Anak Mimika

Bagikan Bagikan
Kadinkes Mimika, Reinold Ubra saat memberikan vitamin A kepada seorang bayi pada acara pembukaan pencanangan bulan Vitamin A dan obat cacing (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Pencanangan bulan vitamin A dan obat cacing mulai dilaksanakan di Mimika dengan target sebanyak 28 ribu anak bayi dan balita.

Kepala Dinkes Mimika, Reynold Ubra mengatakan bahwa target anak yang mendapatkan vitamin A, baik kapsul biru maupun kapsul merah adalah lebih kurang mencapai 5% dari total penduduk Mimika yaitu 310.000 jiwa lebih atau sama dengan 28 ribu menghampiri 30 ribu. Diharapkan dari 28 ribu anak, yang kelompok 6 sampai 11 bulan yang diperkirakan sebanyak 22 ribu, bisa mendapat kapsul vitamin A warna biru dengan dosis 100 ribu internasional unit di bulan Februari.

“Yang diberikan kewenangan untuk mencapai target ini adalah kepada TP-PKK. Ibu lurah bisa mainkan perannya, pihak masjid dan gereja juga harus bisa memainkan peran ini,” ujar Reinold pada pembukaan pencanangan bulan vitamin A dan obat cacing di Kantor Lurah Wanagon SP2, Sabtu (6/2/2021).

Dijelaskan bahwa Mimika sangat  maju di bidang infrastruktur umumnya, akan tetapi persoalan isu pembangunan nasional strategis manusia dimulai dari Ibu, Anak dan Remaja.

“Jalan dan bangunan kita di Mimika sudah bagus, tetapi  sasaran pembangunan yang strategis dalam rangka SDM itu tetap dimulai dari Ibu, anak dan remaja,” katanya.

Dengan demikian, sekiranya jika 5 % dari jumlah penduduk di kelurahan Wanagon dijangkau hingga sekurang-kurangnya 85% mendapatkan tetes vitamin A di bulan Februari ini hingga Agustus, maka investasi tahun pertama bisa dicapai. Selanjutnya investasi kedua di tahun 2022, 2023 dan seterusnya, maka visi dan misi Bupati dan Wabup sudah bisa dijalankan, karena angka gangguan mata, nilai esensial buruk gizi dan yang lainnya.

Bersamaan dengan pemberian vitamin A, hari ini juga dibagikan obat cacing. Sebab, jika hanya memenuhi vitamin A saja, tetapi kalau anaknya cacingan maka akan sia-sia yang diumpamakan seperti “membuang garam di laut”.

Guna mempercepat pencapaian pencanangan bulan vitamin A dan obat cacing ini, Dinkes berkolaborasi  dengan TP-PKK. Pencanangan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinkes Mimika, Reynold Ubra dan Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Mimika, Suzy Herawati Rettob.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Mimika, Suzy Herawati Rettob mengatakan bahwa siap berjalan bersama Dinkes melaksanakan pencanangan bulan vitamin A dan obat cacing.

“Benar yang disampaikan oleh Bapak Kepala Dinkes. Kami dari TP-PKK juga siap untuk bersama-sama menjalankan program ini, karena memang ini bagian dari tanggungjawab kami,” kata Suzy.

Selanjutnya  Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Mimika, Leni Silas mengungkapkan bahwa di hari pencanangan vitamin A dan obat cacing ini sekaligus bulan penimbangan balita. Karena itu, Dinkes menyediakan menu pangan lokal yang mengacu kepada program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), dalam hal ini di setiap acara apapun harus menyediakan makanan ringan berupa pangan lokal yaitu petatas ungu, jagung rebus, telur dan buah-buahan.

“Jangan kita tergantung dengan bahan makanan yang merupakan olahan pabrik. Mulai sekarang kita mengkampanyekan Germas guna memberdayakan masyarakat agar senantiasa memanfaatkan pangan lokal,” kata Leni. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar