7 Bulan 14 Pegawai Distrik Mimika Barat Mangkir dari Tugas

Bagikan Bagikan
(Foto:Ilustrasi pegawai)

SAPA (TIMIKA) - Kurang lebih 7 bulan, belasan pegawai di Distrik Mimika Barat tidak berada di tempat dan melaksanakan tugasnya.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung Kepala Distrik Mimika Barat, Ernestina Takati.

Kepada wartawan, wanita yang akrab disapa Echa itu mencatat sebanyak 14 pegawai Distrik Mimika Barat sudah 7 bulan mangkir dari tugasnya.

"14 orang itu, 7 pegawai honorer dan 7 PNS. Ini sudah terjadi sejak saya dilantik menjadi Kepala Distrik Mimika Barat. Mereka selalu ada di kota dan tidak pernah melakukan tugasnya di Distrik. Seperti hal yang saya dapatkan dari masyarakat sekitar, bahwa pegawai Distrik itu selalu begitu, mereka tidak pernah ada di Distrik, mereka hanya akan ada di Distrik ketika ada kegiatan seperti Musrenbang,” ungkapnya.

Ia bertekad akan membenahi itu semua, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan baik, jangan sampai kata Echa hanya ada momen-momen tertentu saja baru pegawai ada di tempat.

"Saya tidak bisa menyembunyikan pegawai yang malas-malas. Saya juga berharap ini dapat didukung oleh pemerintah Kabupaten Mimika untuk dapat turun langsung ke lapangan agar melihat kedisiplinan pegawai di sana," ujarnya.

Ia mengatakan, pegawai yang tidak pernah melaksanakan tugasnya atau yang mangkir, haknya akan ditangguhkan agar bisa menjadi pembelajaran.

"Honor saya langsung tahan dan langsung mengeluarkan surat teguran pertama. Tapi jika tidak juga diindahkan, kita akan keluarkan surat teguran berikutnya sampai akhirnya terpaksa harus kita keluarkan. Sementara yang PNS saya akan melakukan pendekatan sehingga mereka kembali melakukan tugas dan tanggung jawabnya," terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob pada Rabu (31/3/2021) menegaskan pemerintah berkomitmen untuk menegakkan kedisiplinan ASN di Mimika termasuk ASN di wilayah pedalaman.

"Kami akan mendata semua pegawai di distrik, termasuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan untuk memastikan mereka semua berada di tempat dan melaksanakan tugasnya. Tidak ada alasan bagi pegawai di wilayah pedalaman untuk tidak melaksanakan tugasnya, lain dulu lain sekarang," ujar Wabup John.

Dia menegaskan, kepada ASN yang tidak pernah berada di tempat agar segera kembali dan melaksanakan tugasnya, sebelum ada tindakan tegas. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar