76 Pos Peka Aktif, Laporan Gangguan Kamtibmas Menurun

Bagikan Bagikan

Pos peka di Nawaripo yang diserukan Kapolda Papua (Foto-SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA)
–  Pasca diaktifkannya pos peduli keamanan (Peka) di seluruh kampung di Kota Timika, jumlah laporan gangguan Kamtibmas dari masyarakat menjadi menurn. 

“Kita bersyukur,karena sangat luar biasa dengan hadirnya pos peka yang digalakkan oleh Kapolres Mimika sebagai program andalan, alhamdulillah keluhan masyarakat yang terkait gangguan kriminal saat ini sangatb menurun,” ungkap PJs Kabag Ops Polres Mimika, Iptu Ahmad Dahlan, Jumat (19/3/2021). 

Hal ini tentunya lantaran suport dari setiap masyarakat yang ikut menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing. 

Polres juga siapkan fasilitas setiap pos peka seperti rompi, senter termasuk borgol dengan tujuan pos peka juga sebagai perpanjangan tangan kepolisian. 

“Sebagian anggota perwira saat ini sudah aktif terlibat sebagai pengawas dan pionir pelopor di setiap pos peka. Sekarang setiap malam anggota polisi ada di setiap pos  untuk hadir langsung bersama masyarakat,” ujarnya. 

Dengan adanya pos peka ini, diharapkan angka kriminal di timika semakin ditekan.  Sebab, semua wilayah dalam hingga ke pesisir langsung disentuh kepolisian dengan patroli yang berganti siang dan malam guna merespon setiap kejadian. 

“Dengan adanya pos peka ini, informasi semakin cepat,sehingga respon kita juga menjadi semakin cepat,” tuturnya. 

Patroli yang dilakukan selama ini, selain untuk merespon laporan gangguan Kamtibmas, juga untuk penerapan protokol kesehatan covid-19 dengan AKB yang sudah ditetapkan. Karena itu, ketika ditemukan adanya kerumunan dan aktivitas yang berlangsung hingga lebih dari jam yang ditentukan, maka langsung diamankan. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar