Banyak Sampah di Wilayah Kebun Sirih Karena Perilaku Masyarakat dan Tidak Ada Perhatian Dari Pemkab Mimika.

Bagikan Bagikan

Kepala Kelurahan Kebun Sirih, Yohanes Wenda. (Foto-SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA)
- Kepala Kelurahan Kebun Sirih, Distrik Mimika Baru, Yohanes  Wenda mengungkapkan banyak sekali sampah di wilayah Kelurahan Kebun Sirih yang tidak tertangani.

Tidak hanya itu, beberapa kali mati di wilayah Kelurahan Kebun Sirih juga dipenuhi sampah, Yohanes  mengatakan itu bersumber dari perilaku masyarakat yang malas tahu dan membuang sampah sembarangan.

"Saya sudah sering imbau kepada masyarakat, untuk membuang sampah pada tempat yang disediakan, tapi perilaku masyarakat yang malas tahu, sehingga mereka tetap buang sampah sembarangan pada kali yang berada di dekat rumah mereka, " ungkap Yohanes pada Selasa (16/3/2021).

Akibat dari banyaknya sampah yang dibuang di Kali dan saluran air, Yohannes katakan ketika turun hujan  deras air selalu meluap  ke pemukiman warga.

"Sampah- sampah itu kebanyakan dari masyarakat yang tinggal di kos- kosan, mereka sengaja buang pada malam hari sehingga tidak diketahui masyarakat lain, " ujarnya.

Terhadap kali yang berada di wilayah Kelurahan Kebun Sirih, Yohanes mengaku sudah beberapa kali mengusulkan untuk dilakukan normalisasi, namun hal itu tidak di akomodir.

"Setiap tahun kami selalu usulkan untuk normalisasi kali dan pembangunan drainase tapi tidak di akomodir. Heran juga kita yang di kota selalu usulkan, tapi tidak pernah diakomodir, tapi di hutan- hutan sana yang tidak terlihat mereka mau kerjakan, " ungkap Yohanes.

Menurutnya seharusnya permasalahan yang ada di kota yang padat penduduknya harus diperhatikan lebih.

 Ditambahkan pihaknya tidak bisa melakukan pekerjaan atau membangun drainase  menggunakan anggaran Kelurahan karena terlalu kecil. 

"Tahun ini kita akan memasang lampu jalan dibeberapa lokasi jalan yang masih gelap, " tutupnya. (Jefri  Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar