Bappenas Minta Kerja Sama Pendidikan Papua-Jepang Melibatkan PT di Papua

Bagikan Bagikan

Tim dari Pemrov Papua dan Kementrian PPN-Bappenas. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA)
- Kementerian PPN/Bappenas meminta kerja sama pendidikan di bidang pertanian melalui program beasiswa vokasi antara Provinsi Papua dan Fukuoka Jepang melibatkan perguruan tinggi (PT) di Bumi Cenderawasih. 

Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan (Pusbindiklatren) Kementerian PPN/Bappenas Guspika dalam siaran persnya di Jayapura, Rabu, mengatakan untuk efektifitas kerja sama, dapat dilakukan melalui mekanisme kerja sama dengan melibatkan PT di Papua. 

"Jadi proses kerja samanya antarpemerintah dan juga bisa antarperguruan tinggi," katanya. 

Menurut Guspika, pihaknya menyarankan kepada Tim BPSDM berkoordinasi dengan Desk Papua dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemendagri agar program pendidikan vokasi dimasukan dalam rencana aksi percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua sebagai implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. 

"Koordinasi dengan LPDP untuk memastikan Papua dapat mengakses program beasiswa dengan jumlah yang lebih besar yang dikelola oleh Kemendagri melalui lembaga LPDP,” ujarnya. 

Dia menjelaskan Pusdiklatren akan membantu Pemprov Papua terkait peningkatan kapasitas aparatur melalui berbagai pelatihan yang terkait dengan manajemen pengelolaan sumber daya alam baik di sektor pertanian, pertambangan, pariwisata, perikanan dan kelautan serta sektor-sektor strategis lainnya. 

"Dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur perencanaan pembangunan, Pusbindiklatren saat ini fokus kepada Indonesia Timur pada daerah Papua, Papua Barat, Maluku dan NTT melalui program pendidikan gelar dan nongelar," katanya. 

Dia menambahkan program pendidikan gelar yang dapat diakses antara lain program pendidikan S1, S2 dan S3 pendidikan di dalam dan luar negeri, sedangkan program non gelar dilakukan melalui pelatihan aparatur perencanaan pembangunan dan pembinaan fungsional perencana. 

Sebelumnya, dalam rangka mensukseskan program beasiswa vokasi bidang pertanian di Fukuoka Jepang, Tim Kerja sama Pendidikan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua menyambangi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas), Japan Foundation dan Kedutaan Besar Jepang. 

Tim dipimpin Kepala BPSDM Aryoko AF Rumaropen didampingi Ketua Tim Kerjasama Elius Enembe Sekretaris Tim Karsudi dan anggota tim Jhon Boekorsjom, Jefry Rumayomi, Yohana Maria Pulalo, Magdalena Omberep, Iriawan Surya, Mayko Edison Koibur dan Dance Nawipa. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar