Buka Kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an ke-X, Sekda Mimika: Jadikan Sebagai Peneguhan Syiar Islam

Bagikan Bagikan

Sekda Mimika, Michael Gomar memukul beduk sebagai tanda membuka kegiatan STQ ke-X tahun 2021 Kabupaten Mimika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Sekda Mimika, Michael R. Gomar membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-X tahun 2021 di Masjid Agung Babussalam Timika, Jumat malam (26/3/2021).

Sekda Gomar berpesan agar kegiatan tersebut tidak hanya menjadi ajang perlombaan semata, tapi lebih dari itu, harus dijadikan sebagai peneguhan syiar Islam.

“Sehingga qori dan qoriah yang lahir melalui perhelatan ini dapat menjadi sumber cahaya yang menerangi kehidupan umat Islam di Kabupaten Mimika,” kata Sekda dalam sambutannya.

Ia mengatakan, tujuan dari STQ ini untuk mewujudkan kualitas qori dan qoriah, meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an serta menghasilkan hafiz dan hafizah yang berprestasi.

Dia berharap penyelenggaraan STQ mampu menjadi sumber energi, motivasi bagi umat Muslim secara umum dan khususnya bagi  generasi muda untuk makin giat mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita berharap akan lahir generasi Qur’an yang nantinya bisa maju ke tingkat selanjutnya dan dapat menjadi kebanggaan umat Islam di Kabupaten Mimika,” harapnya.

Dia pun mengatakan akan memberikan telaahan kepada pimpinan daerah agar bisa memberi perhatian kepada Lembaga Pengembagnan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika.

“Kami akan beri telaahan kepada pimpinan agar ke depan bisa ada pendanaan untuk membina qori dan qoriah yang benaung di bawah LPTQ ini secara rutin,” tuturnya.

Kegiatan pembukaan STQ itu ditandai dengan pemukulan beduk oleh Sekda Mimika yang didampingi  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Utler Adrianus, SE, Ketua MUI Kabupaten Mimika, Ustadz H. Muhammad Amin AR, S.AG, pengurus LPTQ Kabupaten Mimika, tokoh-tokoh agama Islam dan sejumah tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Utler Adrianus dalam sambutannya meminta agar Pemkab Mimika tidak hanya memberi dukungan dalam pelaksanaan STQ seperti saat ini, tapi juga memberi perhatian secara rutin.

“Jadi bisa digelontorkan dana untuk LPTQ agar ada pembinaan rutin bagi qori dan qoriah,” ujar Utler.

Ia pun berharap STQ di tingkat kabupaten berjalan dengan baik dan peserta yang lolos ke Provinsi bisa pulang membawa juara dan mengharumkan nama Kabupaten Mimika.

“Peserta yang lolos nanti akan membawa nama Mimika di tingkat provinsi. Persiapkan diri dengan baik, tampilkan yang terbaik agar dapat mengharumkan nama Mimika,” pesannya.

Sementara Ketua Panitia STQ ke-10 Kabupaten Mimika, Ustad Abdul Syakir dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta STQ seluruhnya sebanyak 104 orang.

Untuk cabang tilawah, golongan anak-anak putra 9 peserta, golongan anak-anak putri 10 peserta, golongan dewasa putri 8 peserta dan golongan dewasa putra 8 peserta.

“Sementara cabang Hifdzil Qur’an golongan 1 jus dan tilawah putra sebanyak 24 peserta, golongan satu jus tilawah putri 30 peserta, golongan 5 jus tilawah putra 4 peserta, golongan 5  jus tilawah putri 5 peserta, golongan 10 jus putra 3 peserta, golongan 10 jus putri 1 peserta, golongan 20 jus putra 1 peserta dan golongan 20 jus putri 1 peserta. “Jadi total peserta yang ikut STQ sebanyak 104 peserta,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga pelantikan dewan hakim oleh Wakil Ketua 2 LPTQ Kabupaten Mimika, Patwa SH, MH.

Kegiatan itu dimeriahkan dengan penampilan paduan suara dari siswi SMP Cordova Indonesia dan penampilan kasidah dari anggota Himpunan Seni Budaya Islam Kabupaten Mimika.

Sebelum acara berakhir dilakukan foto bersama dan ditutup dengan doa oleh Ketua MUI Kabupaten Mimika, Ustadz H. Muhammad Amin AR, S.AG. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar