Dinkes Mimika Gelar Sosialisasi Vaksin Covid-19 Kepada Anggota DPRD

Bagikan Bagikan
Situasi Pelaksanaan sosialisasi vaksinasi covid-19 kepada anggota DPRD Mimika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika menggelar sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19 kepada seluruh anggota DPRD Mimika, Senin (8/3/2021).

Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng mengatakan bahwa sosialisasi ini dilakukan agar mengetahui tujuan pelaksanaan vaksin, lamanya cara kerja vaksin, realisasi vaksin, dan dampak setelah divaksin, sehingga semua anggota DPRD bisa memahami dan mau divaksin.

“Ketika ada sosialisasi seperti ini, akhirnya semua anggota DPRD juga mengerti. Kalau kita ikut divaksin, berarti kita sudah meyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini baik,” kata Robby usai sosialisasi di aula kantor DPRD Mimika, Senin (8/3/2021).

Dia mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi anggota DPRD tentunya tidak bisa dilakukan dengan serentak, karena harus ada tahapannya agar memastikan ada ataupun tidak adanya Komorbid atau penyakit penyerta, sehingga waktu pelaksanaannya pun belum dipastikan. Lagi pula yang harus divaksin adalah orang-orang yang benar-benar sehat. Untuk orang yang pernah positif covid-19 juga belum bisa langsung divaksin sebelum dinyatakan benar-benar sembuh.

“Yang penting melalui sosialisasi ini kami bisa mengetahui dampak positif dari vaksin itu,” ungkapnya.

Kesimpulan dari usainya sosialisasi ini, beberapa waktu ke depan DPRD Mimika akan menyurati Satgas covid-19 agar bisa melakukan screening agar setiap anggota dewan yang dinyatakan lolos screening langsung melaksanakan vaksinasi.

Dijelaskan bahwa dari 34 orang anggota dewan memiliki niat untuk divaksin, akan tetapi tidak bisa dipaksakan juga semuanya harus divaksin. Namun, mengingat vaksinasi menjadi satu syarat untuk melakukan perjalanan dinas ke luar daerah, maka harus mengikuti protokol kesehatan termasuk divaksin.

Pantauan Salam Papua, selain dihadiri Ketua DPRD, Robby Kamaniel Omaleng, sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Wakil I DPRD, Aleks Tsenawatme, Wakil Ketua II, Yohanes Feliks Helyanan dan 18 anggota dewan. Sedangkan dari Dinkes dihadiri oleh dr. Lenny Burdam dan beberapa stafnya. Dalam sosialisasi ini juga banyak hal yang dipertanyakan oleh beberapa anggota DPRD yang mengaku keberatan melaksanakan vaksin sebelum mengetahui dampak dari vaksin yang dilakukan. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar