Diskominfo Terbitkan 320 Eksemplar Buku Statistik Sektoral

Bagikan Bagikan

Samuel Motte, Kelala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Diskominfo Kabupaten Mimika menunjukan buku Statistik Sektoral di ruang kerjanya, Senin (15/3/2021). (Foto-SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA)
- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika menerbitkan 320  eksemplar buku statistik sektoral tahun 2020.

 Selain itu diadakan juga 320 keping CD statistik sektoral.

 “Jadi isi rekamam dalam CD itu sama persis dengan yang tertulis dalam buku” ungkap Samuel Mote, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Diskominfo Kabupaten Mimika saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Senin (15/3/2021).

Ia mengatakan buku tersebut sudah dua kali diterbitkan, yakni pada tahun anggaran 2019 dan tahun anggaran 2020.

“Ini kita terbitkan yang kedua, sebelumnya tahun 2019 kita sudah terbitkan. Untuk Papua penerbitan buku Statistik Sektoral ini pertama kali dilakukan di Timika dan sudah terdaftar di perpustakaan nasional,” kata Samuel.

Menurutnya anggaran yang digunakan untuk menerbitkan buku dan CD tersebut sebesar Rp 200 juta. “Tapi sampai sekarang pihak ketiga yang laksanakan pekerjaan ini belum kita bayar. DPA sekarang sudah diserahkan kita segera proses pembayarannya,” ungkap Samuel.

Ia menjelaskan buku tersebut berisi tentang data-data pelayanan dari semua OPD di lingkup Pemkab Mimika.

“Semua pelayanan yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat memerlukan data sehingga pemerintah merasa perlu merangkum semua laporan dan data dari setiap OPD dalam buku ini,” ujar dia.

Penerbitan buku dan CD Statistik Sektoral ini, kata Samuel berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mimika nomor 57 tahun 2017 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah. Maka sejak saat itu Statistik Sektoral secara resmi dilaksanakan oleh Diskominfo Bidang Statistik.

 “Sesuai amanat Undang-Undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik pada pasal 12 ayat 1, bahwa kami telah menyelenggarakan statistik sektoral secara mandiri dengan cara kompilasi produk administrasi,” ujarnya.

Dikatakan buku-buku tersebut dibagikan ke semua OPD di lingkup Pemkab Mimika, instansi-instansi pemerintahan vertikal, lembaga-lembaga adat dan pihak akademisi.

“Kami sudah bagikan ke sejumlah OPD, kami akan antar juga ke provinsi,” katanya. (Yosefina)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar