Hendak Menyuplai Bama ke KKB, Polisi Tangkap TJ DPO Penembak Mobil Brimob dan Bus PTFI

Bagikan Bagikan

Confrence pers penangkapan TJ di halaman kantor pelayanan Polres Mimika jalan Cendrawasih (Foto-SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA)
–  Satgas Nemangkawk  berhasil menangkap anggota KKB Kali Kopi yaitu TJ yang juga merupakan DPO pelaku penembakan mobil PJJ Brimob dan Bus  milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di kampung Utikini Distrik Tembagapura tanggal 8 Maret 2020 lalu. 

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G Era Adhinata menjelaskan bahwa TJ ditangkap bersama tiga orang lainnya di jalan Trans Papua, Timika ke Nabire tanggal 13 Maret 2021, akan tetapi berdasarkan pemeriksaan awal , tiga orang lainnya  dilepas lantaran tidak ditemukan  bukti yang kuat. 

Dari hasil pengembangan ditemukan beberapa barang bukti berupa HP, kalung dan juga foto-foto milik Ter Jangkup yang memegang senjata AR 15. 

Sebelumnya aparat TNI-Polr itelah melakukan penegakan hukum di mile 53, dimana pada saat itu diketahui ada salah satu anggota KKB yang dilumpuhkan (tewas) yaitu Feri Ellas.  Namun, setelah melakukan pengembangan dan pada hari Rabu tanggal 13 Maret 2021, dari hasil penyelidikan di lapangan terkait adanya rencana pergerakan bama oleh kelompok Jhoni Botak di jalan trans Papua, Timika ke Nabire. Pada saat itu, tim penyelidikan mencurigai adanya mobil Avanza putih PA 1629 MM melaju kencang ke arah PT PAL, sehingga selanjutnya mobil dimaksud dihentikan dan berhasil mengamankan TJ

. 

“Kita dari aparat Polres Mimika dan TNI tidak akan berhenti hanya sampai di sini, karena kita sudah ketahui banyak rencana dari KKB pimpinan Jhoni Botak yang meminta Bama. Kita upayakan tidak akan ada Bama yang masuk untuk membantu kelompok tersebut. Kita tetap berharap adanya informasi dari masyarakat yang mendukung TNI-Polri dalam rangka terciptanya situasi keamanan di Mimika terutama terhadap gangguan KKB,” ungkap Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G Era Adhinata, Rabu (17/3/2021).

Pantauan Salam Papua, saat penyampaian confrence pers ini, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, S.IK didamping Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya, Danlanal Timika Letkol Laut (P) Deni Indra M. S.sos., M.Tr Hanla., M.M, serta  Danlanud Timika Letkol Pnb Suronno. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar