Jason Tjandi, Pesepak Bola SSB Mimika United Diundang Magang Bersama Tim Persipura

Bagikan Bagikan
Jason Armando Tjandi (depan pertama kiri) foto bersama timnya usai mengikuti salah satu kejuaraan di Timika beberapa waktu lalu (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Jason Armando Tjandi pesepakbola asal Timika yang bergabung di bawah naungan SSB Mimika United diundang magang bersama tim Persipura Jayapura dalam persiapan menghadapi Playoff AFC Cup 2021 dan liga 1 Indonesia 2021.

Demikian disampaikan Coach Doyo Widodo, yang juga sebagai koordinator dan pelatih SSB Mimika United.

Coach Doyo mengatakan, Jason diundang karena prestasinya dan merupakan pesepakbola yang sangat berbakat.

“Jason dari SSB Mimika United dan setelah diseleksi oleh pelatih kepala Diklat PPLP Papua, ia diundang magang bersama Tim Persipura,” terang Widodo saat dihubungi Salam Papua via telepon seluler, Minggu (21/3/2021).

Selama masa sekolah, kata dia, Jason telah mengukir sejumlah prestasi di dunia sepak bola.

“Jason menimba ilmu di Jayapura dan selama di sana beliau mendapat jam terbang dan pengalaman di beberapa kejuaraan tingkat Nasional, di antaranya PPLP se Indonesia. Ia juga dipanggil oleh Timnas Pelajar U-18 untuk training center dan memperkuat Timnas Pelajar Indonesia dalam Asian Schools Football Championship yang berlangsung di Balikpapan tahun 2019. Setelah itu beliau kembali lagi ke Diklat PPLP Papua dan setelah tamat sekolah ia kembali lagi bersama SSB Mimika United,” katanya.

Ia mengaku, prestasi pertama Jason di dunia sepakbola saat bersama SSB Mimika United menjuarai turnamen Danone seri daerah pada tahun 2013 lalu. Saat itu usia Jason dan teman-temannya yang mengikuti kejuraan tersebut adalah 12 tahun.

“Jadi SSB United Mimika mewakili Provinsi Papua di tingkat Nasional dan saat itu Jason serta teman-temannya meraih juara tiga, jadi memang dia berbakat sekali,” tuturnya.

Saat ini Jason sudah berada di Jayapura untuk persiapan Magang.

“Kemarin dia sudah SWAB di Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura sebagai salah satu persyaratan untuk magang,” tambahnya.

Untuk mengembangkan olahraga sepakbola di Mimika, Widodo berharap Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dapat membantu mengalokasikan dana untuk SSB di Mimika yang berprestasi, agar dapat dapat mengikuti kejuaraan atau turnamen tingkat provinsi, bahkan tingkat Nasional.

“Alokasi dana bantuan seharusnya tidak pukul rata tapi berdasarkan prestasi agar setiap SSB atau club di Kabupaten Mimika terpacu untuk meningkatkan pembinaan,” ujarnya.

Sementara itu, Jason Armando Tjandi, saat dihubungi via telepon seluler mengaku sangat bahagia bisa diundang magang bersama tim Persipura.

“Puji Tuhan satu hal yang saya impikan dari kecil bisa bermain di Tim Persipura. Ini bagaikan mimpi yang tergenapi,” ujar pria kelahiran Makassar 29 Mei 2002 yang sejak usia dua tahun sudah tinggal bersama keluarganya di Timika. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar