Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Timika Gelar Melasti dan Tawur Kesanga

Bagikan Bagikan
Umat Hindu Timika saat menggelar Melasti dan Tawur Kesanga di Pura Mandhira Mihika Mandaloka SP4 (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Menyambut hari raya Nyepi yang jatuh pada Minggu (14/3) besok, umat Hindu di Timika menggelar Melasti dan Tawur Kesanga di Pura Mandhira Mihika Mandaloka Timika yang dimulai Pukul 16.00 WIT, Sabtu (13/3/2021).

Pantauan Salam Papua, sejumlah umat Hindu di Timika dari kalangan anak-anak, remaja dan dewasa berkumpul di bawah tenda yang sudah disediakan. Untuk umat dewasa melakukan ritual melasti atau pembersihan diri dan lingkungan. Setelah itu dilanjutkan dengan prosesi Tawur Agung Kesanga.

“Upacara ini  berdasarkan pada konsep ajaran Tri Hita Karana, yakni menyelaraskan hubungan dengan tiga elemen, manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam semesta,”ungkap Nyoman Dwi Tanah, Ketua Harian Parasida Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Mimika.

Setelah itu, lanjut dia, dilakukan sembahyang bersama untuk menyambut hari raya Nyepi atau Tahun Baru Saka 1943.

“Sembahyang bersama untuk  memohon kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar kami umat Hindu di Kabupaten Mimika diberikan anugerah kesehatan, kesejahteraan dan kebebasan di dalam kehidupan ini,” terangnya.

Ia mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya ritual Melasti dilakukan di Pantai Poumako, namun karena pandemi Covid-19 ritual di pantai tidak dilakukan.

“Biasanya kita arak-arakan ke pantai Poumako untuk ritual Melasti namun karena protokol kesehatan tidak boleh ada kerumunan sehingga kita lakukan di Pura,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa pada hari Nyepi umat Hindu melaksanakan Catur Brata yang terdiri dari amati geni tidak boleh menggunakan atau menghidupkan api, amati karya tidak bekerja, amati lelungan tidak bepergian, dan amati lelangun tidak mendengarkan hiburan.

“Jadi Nyepi ini kita mengintropeksi diri, berdiam di rumah, tidak berkumpul, berpuasa, menghindari keramaian. Mulai besok  jam 5 pagi sudah tidak boleh ke mana-mana,” jelasnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar