Kasus Malaria di Kokonao Mimika Menurun

Bagikan Bagikan
Kepala Puskesmas Kokonao, Muhammad Muri (Foto:SAPA/Jefri) 

SAPA (TIMIKA) - Laporan kasus malaria di wilayah pelayanan Puskesmas Kokonao dalam beberapa bulan terakhir mulai menurun.

Kepala Puskesmas (Kapus) Kokonao Distrik Mimika Barat, Muhammad Muri, pada Senin (22/3/2021) menyampaikan, menurunnya kasus malaria di wilayah Kokonao disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan juga kepatuhan dalam mengonsumsi obat.

"Tahun kemarin kasus malaria di bulan Agustus, September 2020 meningkat, tapi sekarang sudah menurun. Biasanya dalam satu bulan penemuan kasus baru malaria mencapai 80 kasus, tapi sekarang hanya 30 kasus saja," ujar Muhammad.

Sementara terhadap cakupan dan capaian pelayanan terkait malaria di wilayah pelayanan Puskesmas Kokonao pada tahun 2020, Muhammad mengatakan mencapai target.

"Kemarin kita baru lakukan workshop bersama UNICEF dan kementerian kesehatan selama 5 hari, dan dalam workshop itu memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat juga petugas kesehatan terkait lingkungan dan perilaku masyarakat dalam menekan malaria," ujarnya.

Mendukung workshop itu, ia katakan, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas akan mengadakan lagi kelambu untuk dibagikan kepada masyarakat sebagai upaya dalam meminimalisir kasus malaria. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar