Pemkab Mimika Gelar Forum Perangkat Daerah Selaraskan Program Hasil Musrenbang Tingkat Distrik

Bagikan Bagikan

Suasana pelaksanaan forum perangkat daerah (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar forum perangkat daerah dalam rangka menyelaraskan program dan kegiatan dengan usulan program kegiatan hasil Musrenbang tingkat Distrik, Kamis (25/3/2021).

Kepala Bappeda Kabupaten Mimika, Yohana Paliling mengatakan, forum perangkat daerah untuk mempertajam indikator serta target program perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, untuk menyelaraskan program antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan untuk prioritas pembangunan daerah, serta menyesuaikan pendanaan program prioritas berdasarkan pagu anggaran untuk masing-masing perangkat daerah.

Dijelaskan, forum perangkat daerah ini merupakan rancangan awal RKPD Kabupaten Mimika tahun 2022. Forum ini juga untuk mempertemukan OPD teknis dengan Distrik, yang didampingi tim Asistensi Bappeda. Di samping itu, akan ada masukan-masukan dari OPD teknis terhadap usulan Distrik yang tertuang dalam Musrenbang.

“Jadi nanti OPD akan melihat usulan yang berkaitan dengan OPD tersebut. Karena pada akhirnya OPD yang akan menentukan kegiatan mana saja yang akan diakomodir, dan mereka sendiri yang akan meng-input kegiatan-kegiatan pembangunan itu, bukan dari Bappeda. Bappeda hanya menyelaraskan pembangunan berdasarkan pagu anggaran yang ada. Jadi tidak ada yang coret-coret segala macam,” ungkap Yohana. 

Ia menambahkan bahwa isu-isu pembangunan telah disampaikan kepada Kampung, Kelurahan dan Distrik melalui Musrenbang. Apa yang menjadi harapan masyarakat bisa terakomodir selaras dengan pembangunan di Kabupaten Mimika dengan berdasarkan isu-isu tersebut. 

Dalam hal ini, ada 6 isu strategis dan prioritas pambangunan Kabupaten Mimika pada tahun 2022 mendatang.

6 isu stategis dan prirotas pembangunan itu adalah pemulihan ekonomi dengan menumbuhkan sentra- sentra ekonomi, pariwisata dan pemberdayaan ekonomi lokal masyarakat, peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Mimika yang berdaya saing, penciptaan kelembagaan birokrasi yang efektif dalam pencapaian prioritas pembangunan dan upaya penerapan Smartcity, tata kelola pemerintahan yang baik, professional dan inovatif, serta pembangunan infastruktur yang mendukung pemerataan sarana dan prasarana dasar dan penciptaan Trantib.

Dia mengatakan, 6 isu stategis dan prirotas pembangunan itu berdasarkan tema pembangunan tahun 2022 yakni mendorong pemulihan ekonomi daerah demi kesejahteraan  masyarakat untuk pembangunan yang berkesinambungan.

“Enam isu strategis yang diusulkan itu  sudah mencakup semua bidang yang ada. Tahun 2022 kita sebenarnya lebih fokus pada pemulihan ekonomi paskah pandemi covid-19. Pembangunan lainnya adalah pembangunan SDM yang berkaitan dengan pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” tuturnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar