Pemkab Mimika Siapkan Lahan 14 Hektar Untuk Pembangunan Universitas Negeri

Bagikan Bagikan
Yohanes Kemong, S.IP, M.Si (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika telah menyiapkan lahan seluas 14 hektar di Kampung Limau Asri Barat, Distrik Iwaka untuk pembangunan Universitas Negeri.

Hal ini diungkapkan Staf Khusus Bupati Mimika Bagian Juru Bicara, Yohanes Kemong,S.IP,M.Si saat ditemui Salam Papua di Kampung Limau Asri Barat, Kamis (25/3/2021).

Ia mengatakan, lahan yang sebelumnya digunakan sebagai peternakan sapi itu, merupakan milik PT Pangan Sari Utama (PSU) dan akan dihibahkan kepada Pemkab Mimika.

“Nanti setelah PT PSU hibahkan tanah, Pemkab Mimika segera usulkan ke Pemerintah Provinsi Papua untuk pembangunan Universitas Negeri. Karena sesuai rencana pembangunan dilakukan pemerintah Provinsi, Pemkab Mimika hanya siapkan lahan,” kata Yohanes.

Menurut dia, rencana pembangunan Universitas Negeri di Mimika ini untuk menindaklanjuti aspirasi dari sejumlah mahasiswa yang kuliah di luar Mimika, yang ingin ada Universitas Negeri di Mimika agar generasi Mimika tidak perlu ke daerah lain untuk kuliah. Mengingat selama ini sudah sering terjadi kematian mahasiswa Papua yang kuliah di daerah lain.

“Jadi sejumlah mahasiswa  pernah menyampaikan aspirasi ke Bapak Bupati kalau sudah sering mahasiswa yang kuliah di luar Papua meninggal, sehingga mahasiswa meminta supaya ada kampus Negeri di Mimika, jadi generasi Papua tidak perlu ke daerah lain untuk kuliah,” tuturnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar