Pemprov Papua Dorong Keerom Menjadi Sentral Pertanian

Bagikan Bagikan

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa. (Foto-Antara)

SAPA (JAKARTA)
- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong Kabupaten Keerom menjadi sentral pertanian bagi wilayah Bumi Cenderawasih itu. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa.di Jayapura, Kamis, mengatakan Kabupaten Keerom merupakan penyangga berbagai produksi pertanian, untuk konsumsi yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, bahkan sebagian hasil produksinya dikirimkan ke daerah-daerah pegunungan. 

"Komoditas pertanian yang banyak dihasilkan di Kabupaten Keerom adalah komoditas palawija, seperti jagung, talas, kacang panjang dan sebagainya," kata  Semuel. 

Menurut dia, yang paling unggulan di Kabupaten Keerom adalah produksi jagungnya yang pernah beberapa kali dikirim untuk kebutuhan intra Papua. 

"Selain itu juga untuk komoditas hortikulturanya, Kabupaten Keerom banyak sekali menghasilkan sayur-sayuran yang juga dikonsumsi di Kota dan Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk Kabupaten Keerom sendiri sebagai sentral pertanian, daerah utara Papua sangat memberikan harapan dan ini sangat bagus untuk mendukung program pemerintah provinsi melalui rapat TPID yang telah dibahas sebelumnya. 

"Kami sangat mendukung dan siap melakukan edukasi bagi para petani melalui dinas-dinas terkait, bukan hanya pertanian saja, pengembangan ternak sapi dan juga ternak ayam petelur di Kabupaten Keerom cukup menjanjikan," katanya lagi. 

Dia menambahkan pastinya Kabupaten Keerom sangat siap jika ke depannya akan dijadikan sentral pertanian untuk menopang daerah-daerah di sekitarnya. 

Sebelumnya berdasarkan dengan hasil rapat TPID Papua, rencananya akan menjadikan Kabupaten Keerom sebagai pusat produksi komoditi pertanian. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar