Puluhan Warga yang Keracunan di Timika karena Makanan Mengandung Formalin

Bagikan Bagikan
Warga yang keracunan saat mendapat pertolongan di RSMM (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Aparat kepolisian Polres Mimika dibantu Kodim 1710 Mimika temukan penyebab keracunan yang menimpa puluhan anak dan orang dewasa usai menghadiri acara ulang tahun di jalur 2 SP2 Timika tanggal 27 Februari lalu.

Kapolres Mimika, AKBP I G Era Adhinata mengatakan, di hari kejadian saat mengevakuasi puluhan anak dan orang dewasa, pihaknya pun mengambil dan mengirim sampel nasi kuning ke Rumah Sakit Bantuan (Rumiitban) TNI AD.

Dari hasil investigasi ditemukan adanya kandungan zat berbahaya pada nasi kuning yang disajikan yaitu formalin.

Dalam hal ini, makanan yang disajikan saat acara tersebut merupakan buatan sendiri pemilik rumah yang menggelar acara ulang tahun.

"Hasil sementara, dalam nasi kuning terdapat unsur formalin. Kami masih melakukan investigasi lanjutan, apakah nasi, ikan, bihun, kunyit atau lainnya? Karena semua sudah disatukan. Cek lanjutan supaya mana yang benar-benar mengandung formalin dari setiap jenis makanannya. Bahan makanannya juga dibeli di mana?" kata Kapolres Era, Senin (1/3/2021).

Sebelumnya diberitakan, tanggal 27 Februari lalu sekitar pukul 20.00 WIT, Polres Mimika langsung menuju TKP usai menerima laporan. Puluhan anak dan orang dewasa langsung dievakuasi ke RSMM guna mendapatkan pertolongan.

Di hari yang sama, Direktur RSMM, dr. Agus mengaku bahwa 50 orang tersebut telah dipulangkan ke rumah masing-masing lantaran semuanya telah stabil.

“Memang ada lima orang  yang sempat dirawat inap, tapi paginya langsung dipulangkan karena kondisinya sudah stabil,” ungkapnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Hobi bermain slot online, Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback 100% Dengan syarat TANPA TO,
    dan anda bisa mencoba meraih kemenangan anda di kesempatan kedua,
    cek promosi bisa disini: biolinky.co/promobola165

    BalasHapus