Rp 500 M Dari Freeport Untuk YPMAK, Layanan Dasar Tetap Menjadi Fokus Utama

Bagikan Bagikan
Direktur YPMAK, Vebian Magal (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Direktur Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), Vebian Magal mengungkapkan bahwa layanan dasar yakni pendidikan, kesehatan dan ekonomi tetap menjadi fokus utama YPMAK.

Vebian kepada wartawan menerangkan, sejauh ini ketiga layanan dasar tersebut tidak pernah berubah dan masih berjalan seperti biasanya.

“Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga pelosok terus dilakukan begitu juga dengan pendidikan, kami terus mengakomodir para putra daerah untuk mendapatkan pendidikan layak dengan memberikan beasiswa. Yang berubah sedikit itu ada di ekonomi, yang mana dulunya untuk program ekonomi dikerjakan oleh masing- masing perwakilan suku, namun sekarang ditangani oleh kepala devisi ekonomi,” ungkap Vebian, Jumat (5/3/2021).

Total beasiswa yang diperuntukan kepada para putra-putri di Kabupaten Mimika, disebutkan mencapai 3.000 pelajar, baik yang  mengambil studi di Papua, luar Papua dan juga di luar Negeri.

“Tahun ini tidak ada perekrutan untuk beasiswa, karena tahun kemarin baru dilakukan. Kita juga belum melakukan transfer kepada mahasiswa yang berada di luar Negeri, lantaran banyak perangkat di dalam yang harus dibenahi,” ujarnya.

Sementara  dibidang ekonomi, YPMAK terus memberdayakan masyarakat melalui usaha-usaha kecil dan menengah, juga melalui pemberdayaan kearifan lokal di setiap kampung.

Dia menambahkan, alokasi dana oleh PTFI kepada YPMAK tidak ada batasannya, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan.

“Jadi nanti ada kebutuhan baru kita sampaikan kepada PTFI, dan PTFI akan mengalokasikan anggaran sesuai dengan kebutuhan yang kita minta. Tahun kemarin kita kelola Rp 500 M tahun ini pun sama,’ ujarnya.

Dia merincikan, dari anggaran dana sebesar Rp 500 M tersebut, Rp 200 M dialokasikan untuk pendidikan, 100 M untuk kesehatan dan sisanya untuk pendukung lainnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar