Tiga Venue PON dan Dua Gereja di Mimika jadi Arena Lomba Pesparawi

Bagikan Bagikan
Suasana rapat teknis penyelenggaraan Pesparawi XIII se-Tanah Papua Tahun 2021 tingkat Provinsi Papua di Hotel Grand Tembaga, Timika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak tiga venue PON dan dua gereja rencananya akan jadi arena lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) yang akan digelar pada 30 Oktober sampai 6 November 2021 mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kabupaten Mimika, John Ade Matulesy saat ditemui Salam Papua di Hotel Grand Tembaga Timika, Sabtu (27/3/2021), usai kegiatan penutupan Rapat Teknis Penyelenggaraan Pesparawi XIII se-Tanah Papua Tahun 2021, tingkat Provinsi Papua.

Tiga venue PON yang dia maksudkan yakni, Mimika Sport Complex, venue futsal dan venue billiard. Sementara untuk dua gereja akan digunakan yakni Gereja Kingmi Mile 32 dan Gereja GKI Diaspora di SP2, Kelurahan Timika Jaya, Distrik Mimika Baru.

“Jadi nanti Gedung MSC ini untuk kegiatan pembukaan dan penutupan lomba Pesparawi. Kalau lomba kategori paduan suara di venue billiard dan venue futsal, sementara kategori solo di GKI Diaspora SP 2. Kalau di Gereja Kingmi Mile 32 itu untuk lomba paduan suara etnik,” terang John.

Ia mengatakan, pihaknya sudah mensurvei gedung-gedung tersebut dan untuk 3 venue PON akuistik ruangannya sudah cukup bagus. Sementara di dua gereja tersebut akuistik ruangannya masih harus direhab.

“Kalau gereja-gereja harus kita rehab lagi akuistik,” kata dia.

Menurutnya, selain menyiapkan arena lomba pihaknya juga menyiapkan 16 gedung sekolah sebagai  penginapan kontingen Pesparawi.

Untuk 16 sekolah itu 4 di antaranya memiliki fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) yang kurang memadai sehingga panitia akan membangun fasilitas MCK di sekolah-sekolah tersebut.

“Jadi di empat sekolah itu, setiap sekolah akan ditambah dua fasilitas MCK sehingga kita akan bangun delapan fasilitas MCK. Nanti satu gedung sekolah bisa ditempati dua kontingen,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk konsumsi pihaknya sudah menyiapkan tim-tim yang akan menyediakan menu makanan yang akan dikonsumsi oleh peserta Pesparawi.

“Tim yang memasak nanti diawasi oleh Dinas Kesehatan dan Balai POM, sehingga kebersihan dan kesehatan makanan pasti sangat terjamin,” katanya.

Menurut dia, peserta Pesparawi kali ini sekitar 7.500 orang saja karena hanya diikuti 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua.

“Pesertanya saja nanti 7.500 orang belum lagi ditambah penggembira untuk setiap kontingen jadi diperkirakan 9.000 orang yang akan datang di Timika,” ujarnya yang juga sebagai Ketua 3 Panitia Pesparawi 2021 ini.

Sementara terkait Rapat Teknis Penyelenggaraan Pesparawi XIII se-Tanah Papua Tahun 2021 yang digelar pada Kamis (25/3/2021) sampai Sabtu (27/3/2021) itu diikuti pengurus LPPD dalam hal ini ketua, bendahara dan pelatih dari 29 kabupaten/kota.

“Dalam rapat teknis ini kita mempersatukan pendapat tentang pelaksanaan Pesparawi di Bulan Oktober nanti. Karena sekarang kita dalam situasi  pandemi virus corona sehingga kita cari solusi yang terbaik agar Pesparawi tetap berjalan,” tuturnya.

Panitia Pesparawi sudah menyepakati agar semua kontingen yang hadir di Mimika wajib divaksin, baik pelatih, tim official, peserta dan penggembira.

“Berdasarkan instruksi dari Wakil Bupati Mimika, Bapak John Rettob yang juga sebagai ketua umum, panitia, semua pengurus LPPD dan peserta lomba di Mimika semuanya akan divaksin,” pungkasnya.

Dalam rapat teknis tersebut menghadirkan juga Dosen Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Dr. Branckly Egbert Picanussa, S.Si dan Dosen Universitas Patimura Ambon, Ronny Loppies MSCF yang nantinya akan menjadi juri dalam lomba  Pesparawi.

Sementara itu, dosen Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Dr. Branckly Egbert Picanussa, S.Si menjelaskan kehadiran mereka untuk mereview lagu-lagu yang dilombakan di Pesparawi Papua.

“Jadi Pak Ronny Loppies lebih ke materi vokal grup, band gerejawi, musik pop gerejawi dan solo. Kalau saya diberikan tanggungjawab untuk  paduan suara semua kategori,” katanya.  (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar